Cara Menjaga Hati agar Terasa Damai

Sebelum saya menyampaikan artikel ini ijinkan saya menyeruput kopi yang sudah sedari tadi saya buat untuk menemani menulis artikel ini. Slurpppppp nikmat sekali, luar biasa sekali nikmat yang Tuhan beri sehingga saya bisa menikmati kopi yang saya sajikan sendiri ini dengan penuh rasa syukur.

Kita sering mendengar ungkapan bahwa “bahagia itu sederhana” , terasa sangat mudah sekali mengatakan hal itu. Namun, kita semua tahu bahwa banyak sekali orang yang sulit bahagia dalam hidupnya.

Nah pada tulisan ini saya akan membahas sedikit banyak tentang menjaga hati agar terasa damai karena, tanpa merasa damai kita sulit sekali berbahagia. Mengapa? Karena orang yang tidak damai, sulit untuk merasa tenang. Orang yang tidak damai akan merasa khawatir. Jika hidup dengan kekhawatiran, bagaimana mungkin bisa berbahagia?

Berikut beberapa cara yang saya lakukan dalam menjaga hati agar terasa damai :

1. Bersyukur

Banyak orang yang selalu memabandingkan apa yang dia miliki dengan orang lain, nah itulah salah satu penyebab ketidakdamaian dalam hati kita sering muncul. Kita tidak pernah mensyukuri nikmat dan karunia dari sang Pencipta. Oleh karena itu sebaiknya kita selalulah bersyukur tentang apa yang Tuhan berikan kepada kita. Jangan pernah membandingkan apa yang kita miliki dengan orang lain yang jauh lebih baik.

✔ Populer :  Setia Kepada Prinsip: Kunci Sukses dalam Hidup

2. Hidup Sederhana

Hidup sederhana membuat kita menjadi lebih tenang dibandingkan dengan cara hidup yang terlalu bermewah-mewahan. Karena dengan kesederhaan yang kita lakukan membuat kita lebih pandai bersyukur dan tidak pernah memperdulikan orang lain terhadap sesuatu apa yang dia miliki.

3. Jaga Emosi Dan Tahan Nafsu

Emosi dan nafsu merupakan syetan yang ada dalam diri kita karena mereka akan menghancurkan dan meninggalkan kita pada suatu penderitaan. Latihlah dan tahan nafsu dengan melakukan hal-hal yang baru dan anda sukai karena kalian tidak akan memikirkan hal yang sebelumnya pernah terjadi yang membuat anda marah dan emosi.

4. Tingkatkan kemampuan

Dengan meningkatkan kemampuan yang sudah kita miliki saat ini kita akan bisa mendapatkan sebuah kedamaian yang menjurus pada kebahagiaan karena, dengan kita terus meningkatkan kemampuan kita tidak akan tergoyahkan oleh nafsu dan emosi yang datang. Meningkatkan kemampuan sejatinya bukan hal sulit dilakukan, cukup dengan memupuk bakat yang kita miliki itu sudah lebih dari cukup.

Itulah beberapa cara yang saya lakukan untuk menjaga hati agar terasa damai .

✔ Populer :  Sudahkah Anda Tahu Hal Apa yang Penting dalam Hidup Anda?

Sekarang sobat pembaca sudah mengetahui beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hati agar terasa damai, jadi tunggu apalagi segeralah anda terapkan dalam kehidupan kalian. Semoga setelah melakukan kegiatan diatas kalian akan merasa lebih damai dan bahagia.

 

VIAagitwardhana
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.