Menu Makanan Sehat untuk Balita

Halo sahabat erudisi, kali ini kita akan membahas menu makanan sehat untuk balita. Makanan adalah salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua. Sekarang telah banyak makanan yang mengandung pengawet dan bahan pewarna yang tentunya akan mengganggu kesehatan si balita. Masa balita adalah dimana sang anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan proses pembelajaran terhadap lingkungannya. Oleh karena itu, ibu-ibu di rumah harus memperhatikan makanan apa saja yang sehat untuk di konsumsi si anak.

Selain untuk kesehatan, makanan yang bergizi juga akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan si anak. Tentunya semua orang tua menginginkan anaknya tumbuh normal dan sehat. Langsung aja deh kita bahas menu makanan sehat untuk si balita.

  • Bubur Susu

Makanan anak balita biasanya memang sangat identik dengan bubur, oleh karena itu makanan sehat yang kita anjurkan pertama adalah bubur susu. Bubur susu bisa di berikan untuk si anak ketika anak tersebut sudah berumur 6 bulan. Sekarang kita akan membahas cara membuatnya. Sediakan tepung beras 1 sendok makan dan susu sebanyak 200 ml. Kemudian larutkan tepung beras dengan susu, masak hingga mendidih hingga semua tercampur merata.

  • Bubur Susu Kentang

Selanjutnya adalah bubur susu kentang, perbedaannya adalah bahan yang digunakan dimakanan ini adalah kentang. Makanan ini hampir sama penyajiannya dengan makanan di atas, yang membedakan adalah bahan pokok yang digunakannya. Makanan yang bervariasi memang sangat baik untuk si balita agar si balita tidak merasa bosan.

  • Bubur Sayur

Sayur sangat baik untuk kesehatan si balita, hal ini dikarenkan sayuran memiliki zat besi dan asam folat yang tinggi. Cara menyajikannya, haluskan semua sayuran yang akan di jadikan bubur dengan menggunakan blender. Kemudian campurkan susu di dalamnya dan masak hingga matang.

  • Brokoli Saus Keju

Makanan ini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi sehingga sangat baik di sajikan untuk anak di bawah lima tahun. Cara memasaknya : kukus brokoli hingga lunak kemudian lelehkan margarin ke dalam panci panas sembari tuangkan tepung maizena sedikit-sedikit sambil di aduk. Tambahkan pula keju dan susu, aduk-aduk hingga keju meleleh dan saus menjadi kental. Angakt dan siram di atas brokoli kemudian taburkan peterseli di atasnya.

 

Demikianlah menu makanan yang sehat untuk di konsumsi anak balita.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here