7 Kelebihan Mesin Cuci Front Loading yang Wajib Diketahui

Mesin cuci memang memudahkan pekerjaan manusia untuk mencuci baju dan lain sebagainya. Dengan adanya mesin ini, tentunya dapat menghemat tenaga dan waktu kita. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini ada berbagai macam jenis mesin cuci. Umumnya, mesin cuci terbagi atas 3 macam, yaitu mesin cuci 2 tabung, top loading dan mesin cuci front loading.

Masing-masing jenis tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, namun hal tersebut tidak menutup persaingan ketat antar ketiganya. Semakin kisini, beberapa brand berlomba-lomba mengeluarkan salah satu dari ketiga jenis tadi sesuai dengan permintaan masyarakat. Adapun yang saat ini mulai dicari adalah model mesin cuci front loading.

Inilah Kelebihan Mesin Cuci Front Loading

Ada beberapa alasan kuat mengapa orang-orang memilih model mesin cuci front loading dibandingkan pendahulunya. Meskipun harganya tergolong cukup mahal, namun hal tersebut berbanding terbalik dengan kualitas dan fungsi yang dihasilkan. Apa saja kelebihannya?

1. Proses Pengeringan Lebih Efektif

Dibandingkan dengan 2 mesin cuci yang disebutkan di atas, model front loading lebih efektif dalam mengeringkan pakaian. Bahkan dapat dipastikan tingkat kekeringannya mencapai 90%. Sangat menarik bukan? Dengan persentase yang tinggi tersebut tentunya akan mempercepat proses pengeringan di luar dan meminimalisir baju mengeluarkan aroma tidak sedap karena belum kering sempurna.

2. Minim Terjadi Kerusakan

Adapun yang dimaksudkan disini adalah kerusakan pada pakaian yang dicuci. Ada beberapa jenis model mesin cuci yang seiring berjalannya waktu dapat merusak pakaian. Namun hal tersebut akan berbeda jika menggunakan model front loading yang menggunakan teknologi pencucian yang lebih smooth. Dengan demikian, tentunya akan meminimalisir terjadinya kerusakan pada baju dan hasilnya tidak kalah dengan yang lainnya.

3. Tidak Membutuhkan Banyak Air

Air merupakan sumber daya alam yang terkadang sulit di temukan di beberapa wilayah Indonesia, terutama ketika musim kemarau panjang tiba. Di beberapa kota di Indonesia, mencari air bersih bisa dibilang susah dan sekalinya ada, jumlahnya tidak banyak. Harga yang harus dibayarkan ketika menggunakan air besih juga tidak murah, oleh karena itu kita harus bijak dalam memakainya.

Tindakan bijak tersebut bisa diawali dengan menggunakan mesin cuci front loading yang tidak membutuhkan banyak air dalam prosesnya. Ia hanya membutuhkan beberapa liter air dalam prosesnya hingga selesai. Meskipun volume air yang digunakan tidak dalam jumlah banyak, namun hasil akhirnya tetap bersih lho.

4. Praktis dan Efisien

Salah satu kelebihan yang menarik dari model mesin cuci front loading adalah dari segi kepraktisannya dan efisiennya. Mesin ini sudah dilengkapi berbagai macam program yang dapat mengatur proses pencucian pakaian hingga selesai. Adapun program yang tersedia diantaranya adalah pengaturan suhu air, kekuatan putaran, lama proses perendaman dan lain sebagainya.

Dengan adanya program yang tertanam tersebut, tentunya akan memudahkan Anda dalam men-setting sesuai dengan keinginan. Anda tinggal melakukan setting di awal dan bisa ditinggal untuk melakukan kegiatan lain di rumah. Tidak hanya itu saja, mesin cuci ini juga mendukung berbagai macam jenis bahan tanpa merusaknya.

5. Hemat Penggunaan Deterjen

Seiring dengan penghematan penggunaan air, maka hal tersebut juga berlaku pada penggunaan deterjennya. Bisa dikatakan bahwa penggunaan deterjen juga dalam jumlah yang sedikit dan hal ini tentunya bisa menghemat pengeluaran Anda untuk stok deterjen di rumah. Katakanlah dalam sekali mencuci hanya dibutuhkan sekitar 2-3 takaran deterjen, maka bisa menghemat hingga 2-3x dibandingkan dengan mesin cuci lainnya.

6. Tidak Terlalu Berisik

Mesin cuci pada umumnya pasti akan mengeluarkan suara yang cukup berisik ketika proses pencucian hingga pengeringan. Berbeda dengan front loading yang memang didesain agar meminimalisir suara bising yang dikeluarkan. Hal tersebut tentunya menjadi kelebihan tersendiri karena tidak mengganggu kenyamanan orang rumah ketika ada yang sedang beristirahat.

7. Hasil Lebih Bersih

Berbicara soal hasil dari mesin cuci satu ini, bisa dibilang lebih bersih dibandingkan yang lainnya. Mengapa demikian? Ini dikarenakan pada front loading perputarannya didesain menjadi vertikal, kebalikan dari top loading. Dengan demikian, perputarannya menjadi lebih baik dan lebih efektif dalam membersihkan pakaian.

Penutup

Melihat beberapa kelebihan mesin cuci front loading di atas, kapan Anda akan beralih ke model mesin cuci ini? Harganya memang lebih tinggi dibandingkan model lainnya, tetapi Anda bisa mendapatkan kelebihan yang disebutkan di atas.