MIDI Controller: untuk Input Data MIDI

Sederhananya, MIDI controller adalah alat yang dibutuhkan untuk meng-input data MIDI ke aplikasi DAW (digital audio workstation) Anda.

Beberapa model menyediakan koneksi USB, sehingga dapat langsung dihubungkan ke komputer melalui port USB. Ini adalah adalah cara paling mudah untuk memanfaatkan keunggulan MIDI di studio rekaman Anda. Salah satunya adalah SAMSON MIDI Keyboard Controller Graphite M32.

Di lain pihak, pada umumnya synthesizer apapun dapat pula digunakan sebagai MIDI controller. Jadi, jika Anda telah memiliki perangkat synthesizer, kiranya Anda tidak perlu membeli MIDI controller secara terpisah.

MIDI controller sendiri, jika dilihat penampilannya mirip seperti sebuah keyboard, walaupun dengan ukuran lebih kecil dan memiliki tuts lebih sedikit.

Pada piano digital, tuts dan tombol yang ada digunakan untuk membuat data sequence. Termasuk di dalamnya nada, dinamika, durasi, pedal dan sebagainya.

Nah, MIDI controller dalam hal ini identik dengan sebuah keyboard piano digital, dengan tambahan fungsi menjadi trigger (pemicu) event yang telah ada di DAW.

Dalam hal ini, controller bisa dianggap sebagai pengganti keyboard komputer.

Perbedaan utama MIDI controller dengan sebuah synthesizer penuh atau sebuah piano digital, adalah bahwa ia tidak memiliki sample sound sendiri di dalamnya. Melainkan biasanya mereka datang (di-bundle) dengan paket software yang di dalamnya berisi sample sound atau biasa disebut dengan istilah ‘softsyn’.

Jadi sekali lagi, perlu diingat bahwa MIDI controller tidak memiliki sample sound, serta tidak menyediakan line-out untuk direkam. Melainkan ia berguna untuk memasukkan data MIDI atau memainkan nada melalui aplikasi DAW Anda.

Oleh karenanya, sebelum diset dengan benar melalui DAW, Anda tidak akan mendengar suara apapun saat menekan tombol-tombolnya.

Ini adalah alternatif yang bagus sebagai pengganti sebuah piano digital. Dan biasanya mereka hanya memiliki tombol lebih sedikit, mungkin 2 oktave. Membuat MIDI controller tidak memakan banyak tempat, dan merupakan perangkat yang bagus untuk pelengkap studio rekaman Anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here