Misteri di Balik Lukisan Monalisa

Mungkin seluruh makhluk jagat raya sudah mengetahui sebuah lukisan Monalisa. Lukisan Monalisa adalah sebuah lukisan minyak diatas kayu poplar yang dibuat oleh Leonardo Da Vinci pada sekitar abad ke 16. Ini merupakan lukisan paling terkenal di dunia karena kerap digunakan sebagai bahan studi, mitologi dan parodi. Namun tahukah kalian terdapat banyak sekali misteri dibalik lukisan tersebut?

Mari kita bongkar.

Saat memandang Lukisan Monalisa mungkin membuat pikiran seolah terdiam dan bertanya-tanya siapakah model dalam lukisan ini? Raut wajah dan senyumannya yang indah seakan membuat kita terlena betapa menakjubkannya lukisan tersebut. Namun timbul konspirasi mengenai asal usul lukisan tersebut.

Namun banyak yang menyimpulkan bahwasannya lukisan monalisa dibuat oleh Leonardo da Vinci yang tidak lain adalah seniman pada masa itu. Diyakini bahwa lukisan ini tanpa cela dan dibuat secara terperinci serta sangat sempurna. Bahkan saat masih di studionya Leonardo da Vinci di Florence, lukisan tersebut merupakan karya yang menginspirasi.

Lukisan Monalisa tersebut dibuat atas perintah bangsawan Francesco Di bartolommeo untuk melukis potret istri ketiganya yang bernama Lisa Di Antonio Maria Di Noldo Ghereadini. Sampai akhirnya 4 tahun berikutnya da Vinci mampu menyelesaikannya. Namun saat sudah menyelesaikan lukisan tersebut da Vinci tidak menyerahkan pada bangsawan tersebut dan masih menjadi tanda tanya besar mengapa ia melakukan hal seperti itu. Ia justru membawa lukisannya ke Prancis dan menjualnya kepada sang Raja. Di Prancis lukisan ini pernah ditempatkan di kamar tidur Napoleon Bonaparte sampai akhirnya dipindahkan lagi ke museum.

Hilangnya Lukisan Monalisa

Pada tahun 1911, seorang karyawan dari museum Louvre mencuri lukisan tersebut. Namun kemudian ia tertangkap karena ia ingin menjualnya kepada salah satu dealer seni di Florence tahun 1913.

Pada tahun  1956 bagian bawah dari lukisan Mona lisa rusak dikarenakan tersiram oleh cairan asam dan untuk hal hal yang tidak diinginkan, Lukisan monalisa pun akhirnya diamankan dalam sebuah kotak kaca anti peluru di museum louvre.

Dengan sebuah ketenaran yang luar biasa, serta dengan sejarah panjang yang mewarnai lukisan tersebut, membuat Mona Lisa semakin terkenal. Nilainya saat ini diperkirakan sekitar $ 1.000.000.000. Lukisan Mona Lisa sekarang tergantung di balik kaca di Louvre, di mana Lukisan Mona Lisa dilihat oleh jutaan orang setiap tahunnya. Sebuah lukisan berusia 500 tahun yang sangat luar biasa ini merupakan salah satu karya seni terbaik di dunia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here