5 Mitos yang Salah Tentang Bisnis dan Kerja Online

Sangat banyak orang yang mulai bekerja online, pada akhirnya berhenti. Kenapa? Karena banyak informasi di sana-sini bahwa bekerja atau bisnis online itu mudah, cepat dan kadang ada yang mengatakan tanpa modal.

Pernyataan-pernyataan di atas tidak sepenuhnya benar, oleh karena itu banyak orang yang coba-coba bekerja online namun akhirnya menyerah dan berhenti.

Berikut persepsi salah atau mitos tentang bekerja dan berbisnis online:

1. Bekerja secara online itu mudah

Bagi Anda yang baru mulai bekerja online, saya sampaikan: tidak ada katan mudah! Anda tetap dituntut bekerja keras dan cerdas. Mereka yang mengatakan bekerja online itu mudah, adalah orang-orang yang sudah melalui berbagai rintangan dan kesulitan, sampai akhirnya sukses.

2. Bekerja secara online itu cepat menghasilkan uang

Sering orang mengatakan bahwa kerja atau bisnis online itu bisa menghasilkan uang dengan cepat. Tapi mereka yang telah mencobanya pasti kecewa. Tidak ada pekerjaan yang cepat menghasilkan uang, termasuk kerja dan bisnis online.

3. Kerja secara online tidak butuh banyak waktu

Jika ada yang mengatakan bekerja secara online itu hanya membutuhkan waktu beberapa jam sehari, percayalah, itu adalah bohong! Memang bekerja online itu dapat dilakukan kapan saja, tidak terikat jadwal, tapi tetap membutuhkan banyak waktu.

Jika Anda serius bekerja secara online, maka Anda harus siap kerja penuh waktu, tidak cukup hanya beberapa jam sehari. Orang yang kerja online seringkali bekerja hingga larut malam dan mengorbankan waktu istirahat. Bahkan jika Anda masih sangat baru memulai kerja online, tidak ada waktu bersantai. Kabar baiknya, setelah semua berjalan, Anda sudah sukses, Anda bisa bersantai dan ya…. cukup beberapa jam saja sehari.

4. Tidak membutuhkan modal

Tidak ada bisnis yang tidak butuh modal. Agar Anda bisa bekerja secara online, berarti Anda harus punya akses internet dan perangkat komputer atau paling tidak sebuah smartphone. Itu modal minimal. Bagi yang serius membangun bisnis online, modal yang diperlukan sama sekali tidak kecil, seperti membangun toko online, desain web, membayar penulis, promosi, bayar hosting dan banyak lagi. Semua butuh modal yang tidak sedikit.

5. Bisa dikerjakan secara santai

Bekerja atau menjalakan bisnis online itu bisa dilakukan secara santai. Iya santai, Anda tidak perlu angkat-angkat barang, tidak perlu keluar rumah, tidak perlu menghabiskan waktu di jalan, tapi tetap Anda tidak bisa santai.

Karena untuk sukses dalam bisnis online, Anda harus siap dan cepat tanggap. Misalnya jika Anda berjualan online, jika Anda hanya bersantai, tidak ada promosi, pasti tidak akan ada yang membeli dagangan Anda.

Intinya, pernyataan-pernyataan di atas, mungkin benar bagi yang telah berhasil melewati masa-masa sulit. Namun bagi Anda yang baru saja memulai, Anda harus memiliki semangat juang tinggi, komitmen, siap bekerja keras, dan mental pantang menyerah agar bisa sukses.

Dozi Adiguna adalah seorang yang suka bekerja secara online seperti menjadi penulis blog, mengikuti lomba online, Berjualan online selain itu juga suka travelling untuk refresing otak.