cara mencuci baju berbahan linen
Source: Linen Beauty

Mudahnya Merawat Baju Bahan Linen, Girls Wajib Praktekkan

ERUDISI.com – Tips Merawat agar awet dan tidak cepat rusak. Seperti kita ketahui bahan memang tidak elastis sehingga cenderung mudah kusut. Tapi bahan ini memiliki kualitas tinggi dan awet bertahun-tahun.

Mengenal Bahan Linen

Linen merupakan bahan pakaian yang terbuat dari campuran serat kapas dan serat batang atau linen rami. Dengan unsur alami yang membentuknya ini sehingga membutuhkan perawatan khusus agar terawat dan tidak cepat rusak.

Nah, agar bahan baju kita awet dan tidak cepat rusak berikut cara merawatnya:

Cuci Menggunakan Air Dingin

Karena bahan ini sangat tipis dan mudah kusut sehingga jangan pernah mencuci menggunakan air hangat. Usahakan mencuci dengan air dingin.

Air dingin membuat bahan ini tidak mudah rusak dan dijamin awet bertahun-tahun.

Hindari Penggunaan Pemutih

Linen mengandung serat rami yang jika dicampur dengan pemutih dengan kandungan kimia akan merusak seratnya. Bahkan kandungan kimia dalam pemutih dapat menyebabkan bahan kain menjadi rusak, berubah warna dan bulukan.

Jangan Pernah Keringkan di Mesin Pengiring

Mesin pengering memang membuat pakaian kita cepat rusak. Apalagi untuk bahan linen dengan tekstur yang halus tentu saja tidak disarankan menggunakan pengering.

Sebaiknya jemur bahan dengan gantungan di bawah sinar matahari langsung.

Gunakan Alas Saat Menyetrika

Perlu diperhatikan tekstur bahan yang lembut membuatnya mudah rusak jika bersentuhan langsung dengan permukaan alat setrika. Bahkan permukaan panas setrika akan membuat kain berubah warnanya dan juga bisa menyebabkan bekas gosong pada pakaian kita.

Cara terbaik dengan menggunakan alas lagi diatasnya. Bisa berupa pakaian lainnya.

Gantunglah Baju Bahan Linen, Jangan Dilipat

Seperti kita ketahui di awal, dimana baju berbahan linen mudah kusut dan akan tidak rapi jika dilipat. Jadi setelah disetrika gunakan gantungan dan jangan dilipat.

Itulah tips merawat baju bahan linen agar terawat, awet dan tidak cepat rusak. Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. Semoga bermanfaat ya.  []