Museum Angkut Batu, Destinasi yang Pas untuk Mengenal Moda Transportasi Dunia

Mengunjungi Museum merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain dapat menambah wawasan, kalian juga mendapatkan pengalaman baru. Tahukah kamu bahwa di Kota Batu terdapat Museum yang memiliki lahan terluas di Jawa Timur, tidak lain adalah Museum Angkut Batu.

Sejarah Singkat Museum Angkut

Diantara sekian banyak objek wisata yang ada di Kota Batu, Jawa Timur, Destinasi ini telah menjadi salah satu diantaranya yang cukup populer. Pasalnya, museum yang telah dibuka sejak Maret 2014 silam. Objek wisata edukasi ini disebut-sebut sebagai objek wisata pertama di Asia Tenggara yang menyuguhkan konsep alat transportasi.

Adapun tujuan pembangunan museum ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada pada pencipta berbagai jenis alat transportasi di dunia. Tidak hanya itu saja, museum ini juga bertujuan untuk menjadi salah satu saksi sejarah perkembangan sarana transportasi di Indonesia dan dunia.

Tidak hanya memuat alat transportasi saja, destinasi ini juga memiliki zona-zona lain yang pas dijadikan objek untuk edukasi. Ingin tahu lebih lengkap mengenai lokasi ini? Yuk simak sejenak yang di bawah ini.

Keistimewaan Museum Angkut

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, area ini berisi berbagai koleksi transportasi mulai dari transportasi yang bernuansa tradisional hingga yang sudah menggunakan tenaga listrik. Transportasi yang ada juga tidak hanya dari Indonesia saja, tetapi juga dari berbagai belahan dunia lainnya.

Destinasi ini juga memiliki beberapa zona yang terdiri dari Hall Utama dengan isinya adalah koleksi alat transportasi. Kemudian ada Zona Edukasi juga yang berisi sejarah dari berbagai angkutan yang ada di Dunia dan Indonesia. Lalu ada juga Zona Sunda Kelapa & Batavia yang pastinya menyajikan suasana Kota Jakarta di masa dulu.

Ada juga Zona Eropa, Zona Gangster Town & Broadway Street, Zona Instana Buckingham, Zona Hollywood, Zona Flight Training, Zona Las Vegas dan Zona D’Topeng Kingdom. Yang pastinya setiap Zona menyuguhkan daya tarik masing-masing.

Di luar gudang utama juga terdapat Museum Pasar Apung. Pengunjung dapat menyewa kapal dengan harga Rp10.000,00 untuk menyusuri pasar apung tersebut. Disini pengunjung dapat melakukan transaksi seperti di pasar pada umumnya. Para penjual nantinya akan menyediakan berbagai jenis makanan tradisional khas Malang dan juga berbagai souvenir khas Malang.

Fasilitas yang Tersedia

Mengenai fasilitas, obyek wisata unik tersebut sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang, yang pastinya akan membuat pengunjung lebih nyaman dan betah berada disana. Mulai dari area parkir, tim medis, mobil antar gratis, kursi roda, toilet umum dan toilet untuk penyandang cacat, ruang untuk ibu dan anak serta ruang khusus untuk merokok.

Tiket Museum Angkut

Berbicara soal tiket masuk, perlu diketahui bahwa Destinasi ini memberikan harga yang berbeda antara hari biasa, yaitu Senin – Kamis dengan akhir pekan, yang meliputi hari Jum’at – Minggu. Jenis tiketnya pun ada 3 yaitu tiket reguler, tiket sakti dan tiket super sakti. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut:

  • Tiket Reguler – Pada hari biasa harganya Rp70.000 per orang, tetapi jika weekend
    harganya menjadi Rp100.000 per orang
  • Tiket Sakti – Hari biasa dan weekend harganya adalah sama yaitu Rp375.000 per orang
  • Tiket Super Sakti – Hari biasa dan weekend harganya adalah sama yaitu Rp450.000

Jenis dan harga tiket yang berbeda di atas juga memilki ‘keleluasaan’ yang berbeda pula. Untuk perinciannya adalah sebagai berikut:

  • Tiket sakti hanya berlaku selama 2 hari dan tiket super sakti hanya berlaku selama 3 hari
  • Tiket sakti dan tiket super sakti berlaku di 8 objek wisata yang terdiri dari Museum
    Angkut, Museum Tubuh, Predator Fun Park, Eco Green Park, BNS, Jatim Park 2 serta Jatim Park 1
  • Anak-anak yang tinggi badannya sudah lebih dari 85 cm akan dikenai harga tiket penuh, tetapi bila tinggi badannya masih belum mencapai 85 cm tidak dikenakan biaya.

Lokasi dan Jam Buka Museum Angkut

  • Alamat : Jl. Terusan Sultan Agung No. 2 Kota Batu, Jawa Timur
  • Via Google Map : Peta
  • Jam operasional : 12:00 WIB – 20:00 WIB

Nah, itu dia review singkat tentang wisata yang sudah kita bahas diatas. Tambahan informasi lagi, bila Anda membawa kamera apapun jenisnya termasuk kamera drone, Anda akan dikenai biaya tambahan, tetapi untuk kamera HP anda tidak akan dikenakan biaya.

Salam Hangat

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here