Panduan Membeli Printer Cartridge Untuk Rumahan

Printer semakin dibutuhkan baik di rumah maupun di perkantoran. Selain membeli printer, Anda juga perlu menyiapkan dana untuk membeli ​printer cartridge bila printer mengalami masalah atau sebagai bagian dari perawatan berkala.

Penambahan Anggaran

Membeli printer tak hanya berpikir jangka pendek. Anda juga perlu memikirkan mengenai perawatan printer tersebut terutama di bagian cartridgenya. Printer murah biasanya menggunakan cartridge yang mudah kering sehingga usia pakainya sebentar atau hasil keluaran warna tintanya kurang bagus.

Printer murah seringkali tak memiliki sensor yang bisa memberi tanda kalau tinta habis sehingga pemilik printer terlambat mengetahui printer butuh penggantian cartridge. Kalau sudah begini tentu biaya perbaikan printer jauh lebih mahal. Untuk itu, persiapkan dana tambahan guna membeli cartridge baru agar tak kaget saat printer mengalami kerusakan.

Mau Printer Inkjet atau Printer Laser?

Sebelum membeli cartridge, Anda perlu mengetahui kebutuhan printer yang hendak digunakan, apakah printer inkjet atau printer laser? Bila Anda membutuhkan printer untuk mencetak dalam jumlah banyak dalam tempo cepat, maka pilihlah printer laser. Jika Anda ingin mencetak untuk kebutuhan kuliah atau rumahan yang tak terlalu banyak, maka pilihlah printer inkjet.

Kedua jenis printer ini tentu membutuhkan ​printer cartridge ​yang berbeda sehingga Anda harus jeli ketika ingin membeli cartridge yang baru. Harga cartridge untuk kedua jenis printer tersebut juga berbeda. Di pasaran Anda bisa menemukan harga cartridge printer laser lebih mahal daripada harga cartridge printer inkjet.

Itu sebabnya printer inkjet sangat cocok untuk kebutuhan cetak di rumah. Apalagi saat ini sudah tersedia kapasitas cartridge printer inkjet yang lebih besar daripada versi sebelumnya. Sehingga Anda bisa mencetak dokumen lebih banyak.

Jenis Tinta Cartridge Printer Inkjet

Jenis Tinta Cartridge Printer InkjetSelain mengetahui jenis printer yang dibutuhkan, Anda juga perlu mengetahui jenis tinta cartridge printer inkjet. Tinta cartridge printer inkjet paling mudah ditemukan di pasaran karena jenis printer inkjet merupakan yang paling banyak dipakai di pasaran.

Setidaknya ada dua jenis tinta printer inkjet yang bisa Anda beli yakni tinta printer dye based dan sublimation ink. Tinta printer dye based merupakan jenis tinta yang paling banyak dicari. Tinta printer ini menggunakan bahan dasar air yang sudah diberi pewarna sehingga bisa menyatu dengan baik.

Tinta printer ini mampu menciptakan hasil cetak yang jernih dan bersih di kertas foto. Tinta dye based dijual dengan harga murah bahkan dipandang lebih murah daripada jenis tinta lainnya.

Sementara itu, jenis tinta sublimation ink memiliki gradasi warna yang baik dengan hasil cetakan yang tajam dan jernih. Tinta ini juga sangat tahan terhadap air sehingga printer cartridge ​ini banyak dipakai di percetakan mug, kaos dan lainnya.

Membeli Cartridge Printer Asli

cartridge printer asli bukalapak

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan selain harga cartridge adalah kualitas cartridge. Saat ini banyak beredar cartridge printer palsu sehingga Anda harus bisa membedakan kualitas keduanya. Langkah awal untuk menghindari cartridge palsu yakni dengan mengamati kemasan cartridge.

Kemasan cartridge printer asli biasanya memiliki stiker label keaslian dan tulisan yang jelas. Kemasan cartridge asli juga memiliki lipatan yang rapi dan bersih karena diproduksi menggunakan mesin. Cartridge printer asli juga dijual dengan harga yang standar sehingga Anda wajib curiga bila mendapati cartridge yang dijual dengan harga super murah.

Demi mendapatkan ​printer cartridge asli, Anda bisa mengunjungi situs jual beli online Bukalapak. Di situs Bukalapak, Anda akan menemukan beragam cartridge printer maupun peralatan lainnya seperti ​cooling fan, printer, komputer dan masih banyak lagi. Proses transaksi di Bukalapak pun cepat dan mudah sehingga menghemat banyak waktu dan pastinya sangat aman.