Info, Sejarah,Tiket Masuk, Rute, Lokasi, & Penginapan Pantai Indrayanti Jogja

Pantai di pesisir Jawa memang tidak perlu lagi diragukan keindahannya. Hampir seluruh pantai di pesisir Jawa memiliki pesona keindahan dan keunikannya masing-masing. Salah satu pantai yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya adalah Pantai Indrayanti.

Sejarah Pantai Indrayanti

Anda pernah mendengar nama Pantai Indrayanti Jogja? Tahukah Anda, nama yang biasa digunakan untuk menyebut objek wisata yang berlokasi di Gunungkidul tersebut pada dasarnya bukanlah nama yang sebenarnya, karena nama yang sebenarnya adalah Pantai Pulang Syawal atau yang biasa disingkat juga dengan Pantai Pulsa.

Disebut sebagai Pantai Indrayanti karena di kawasan objek wisata ini terdapat sebuah restoran dengan nama yang sama, yakni Indrayanti. Konon, restoran tersebut sangat terkenal di kalangan wisatawan dan bahkan seolah menjadi ikon dari pantai ini.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Meskipun pantai tersebut mendapat banyak kunjungan dari wisatawan, namun kebersihan pantai ini tetap terjaga loh. Pasalnya, pihak pengelola pantai memang sudah menetapkan peraturan bahwa barang siapa yang membuang sampah sembarangan akan dikenai denda.

Lantas, aktivitas apa yang bisa dilakukan di Pantai Indrayanti ? Nah, berikut kami bagikan informasinya.

1. Kuliner

Bagi Anda yang merasa lapar setelah bermain air, tidak perlu khawatir karena disini sudah banyak kuliner yang menyambut Anda. Dengan menawarkan beberapa hidangan yang cukup menggugah selera. Anda bisa menikmati aneka hidangan laut saat berada di sini. Selain itu ada juga nasi goreng, gudeg, soto, bakso dan lain-lainnya juga.

2. Tracking

Untuk kegiatan tracking ini, Anda bisa menuju ke bukit yang terletak di sebelah Timur. Tidak ada jalan khusus untuk menuju ke sana, sehingga Anda pun harus menempuh perjalanan yang sedikit ekstrem dengan memanjat karang serta menerobos semak-semak.

Memang melelahkan, akan tetapi kalau Anda sudah tiba di puncaknya, segala keluh kesah Anda akan terbayarkan dengan pemandangan indah di sana.

3. Bermain Air

Satu aktivitas utama yang bisa Anda lakukan di lokasi ini adalah bermain air, baik itu dengan cara berenang ataupun dengan cara yang lainnya. Air laut di Pantai Indrayanti begitu jernih dan karena kebersihan kawasan wisata ini begitu terjaga. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan terkontaminasi oleh limbah.

Fasilitas di Pantai Indrayanti

Fasilitas yang ada disini bisa kita katakan cukup lengkap. Anda bisa dengan mudah menemukan tempat makan atau cafe di sini, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan jika tidak membawa bekal. Selain itu, di sepanjang pinggiran pantai juga sudah terdapat beberapa gazebo serta payung pantai yang pastinya bisa Anda jadikan tempat untuk beristirahat.

Toilet? Ada kok, pantai ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang satu itu, bahkan ada juga kamar mandi untuk membilas diri setelah puas bermain. Di sini juga terdapat wahana permainan anak, mushola, tempat penyewaan jet ski, menara lifeguard bahkan penginapan juga tersedia.

Bagi Anda yang berasal dari luar kota juga tidak perlu khawatir, karena disini sudah terdapat penginapan. Harga penginapan Pantai Indrayanti tentunya sangat terjangkau dan tidak kalah dengan penginapan-penginapan lainnya.

Tentunya dari semua fasilitas tersebut ada beberapa diantaranya yang bisa Anda nikmati setelah membayar sejumlah uang ya. Jadi, sebelum Anda menikmatinya, pastikan Anda mengetahui harganya terlebih dahulu, dengan cara termudahnya adalah dengan bertanya pada petugas yang ada di sana.

Informasi Biaya, Penginapan dan Tiket Masuk Pantai Indrayanti

  • Tiket Masuk : Rp10.000 / Orang
  • Wahana Payung, Jet Sky, dll Berkisar Rp20.000 – Rp250.000
  • Penginapan : Rp100.000 – Rp350.000
  • Makanan dan Minuman : Rp10.000 – Rp100.000
  • Parkir Kendaraan : Rp4.000 – Rp15.000

Catatan : Harga bisa berubah sewaktu waktu dari pihak pengelola tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Daftar Penginapan di sekitar Pantai Indrayanti

  • Unit di Walet GH, Reservasi : 0878 3860 1129 atau 0821 3806 5501
  • Omah Suket, Reservasi : 0821-352-55558 atau 0817-279-545.
  • Joglo Watu Kelir, Reservasi : 0819 0404 4481 atau 0823 2737 7377.
  • Griya Kusuma Bamboo Lengkung, reservasi : 0813 2637 1994 atau 0813 9281 4301
  • Rock Garden Homestay & Resto, Reservasi : 082 225 317 339

Lokasi dan Jam Operasional Pantai Indrayanti

  • Alamat : Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul
  • Jam Operasional : 24 jam
  • Google Map : Peta

Rute

Pantai Indrayanti memang sangat fenomenal, saat ini sudah tidak susah untuk mencari rute ke Pantai ini. Selain karena memang sudah terkenal, papan petunjuk juga memberikan arahan yang jelas.

Dari Yogjakarta, ikuti saja jalan mengarah ke Wonosari. Setelah melewati batas kota Yogyakarta – Gunung Kidul, tidak jauh dari situ ada rambu-rambu DLLAJ berwarna hijau menunjukkan arah belok kanan untuk menuju ke sana. Dari loket retribusi kendaraan, jaraknya sekitar 9 km untuk sampai lokasi pantai.

Sebagai tambahan informasi, Pantai ini juga sering disebut sebagai pantai yang romantis, terutama jika malam hari. Jadi, jika Anda ingin berkunjung bersama pasangan, tak ada salahnya mencoba dimalam hari.

Salam Hangat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here