Pantek: Cara Tradisional Mengatasi Penyakit pada Pohon Cengkeh

Masyarakat yang tinggal di daerah pegunungan biasanya menanam tanaman cengkeh atau cengkih sebagai tambahan penghasilan mereka. Akan tetapi seiring dengan penggunaan berbagai macam zat kimia yang merusak alam, sekarang justru malah membuat munculnya penyakit-penyakit pada tanaman cengkih.

Penyakit yang paling sering menyerang tanaman cengkeh ini adalah lubang pada pohon cengkeh. Masyarakat di daerah saya menyebutnya sebagai penyakit bolor. Penyakit ini disebabkan karena ada sejenis cacing kecil yang memakan dan menggerogoti pohon cengkih.

Jika penyakit ini tidak segera ditangani biasanya pohon cengkih akan mati dengan ditandai mengeringnya daun-daun dari tanaman cengkih ini. Masyarakat tradisional khususnya di tempat saya menggunakan cara sederhana untuk mengatasi jenis penyakit ini yaitu dengan cara pantek.

Pantek sendiri dilakukan dengan menyumpal lubang pada tanaman cengkih ini dengan bambu yang telah dibuat sesuai dengan ukuran lubang yang ada pada tanaman cengkih. Adapun tata cara untuk memantek tanaman cengkih adalah sebagai berikut.

  1. Siapkanlah bambu tua yang sudah kering
  2. Serut sampai halus bambu ini hingga besarnya sesuai dengan lubang dari tanaman cengkih
  3. Runcingkan ujung dari bambu yang telah anda serut
  4. Setelah itu pakulah lubang dari tanaman ini dengan bambu yang telah anda buat
  5. Potonglah sisa bambu yang masih memanjang.

Biasanya untuk hasil yang lebih maksimal masyarakat setempat melumasi bambu mereka dengan sabun colek ataupun racun hama yang lainnya. Cara ini terbukti efektif untuk mengatasi masalah bolor pada tanaman cengkih. Penyakit ini biasanya menyerang tanaman yang sudah tua dan siap produksi.

Oleh sebab itu jika penyakit ini tidak segera kita tasi ditakutkan dapat menyebabkan gagal panen, karena pohon cengkih mati ketika berbuah. Tanaman ini bisa juga menyerang tanaman dengan perawatan yang tinggi. Akan tetapi penyakit ini biasa menyerang tanaman yang kurang terawat. Misalkan ditanam di dekat pembuangan limbah rumah tangga, comberan dan di kebun yang tidak memiliki sanitasi yang baik.

Ini adalah cara sederhana yang biasa dilakukan oleh masyarakat di tempat saya dan saya rasa cara ini bisa juga Anda coba di tempat anda.

BAGIKAN
iman adalah seorang blogger yang suka menulis dan berbagi dengan erudisi sebagai media penyampai ide dan informasi. Fokus Blogging di erudisi mulai 7 juli 2016. pin : 5F28E6EC