Pearl Harbor – Kuburan Angkatan Laut Amerika

erudisi.com-Pearl Harbor merupakan pangkalan utama Angkatan Laut Amerika yang terletak di Oahu, Hawai. Sebagai pangkalan utama Angkatan Laut Amerika, Pearl Harbor menjadi lumbung bagi alat perang Amerika. Terdapat lebih dari seribu Aircraft, kapal induk, kapal perang, kapal selam dan senjata artileri. Sebagai basis pertahanan Amerika wilayah Asia Pasifik, Pearl Harbor menjadi sasaran musuh pada saat itu untuk menyerang Amerika Serikat. Sejarah mencatat negara yang berhasil menghancurkan Pearl Harbor pada saat itu adalah Jepang, namun akibat dari serangan brutal ini Jepang menyerah pada sekutu dan membawa Amerika ikut serta dalam Perang Dunia 2.

SERANGAN JEPANG DIMULAI

Laksamana Madya Chuichi Nagumo, Pemimpin serangan armada kekaisaran Jepang

Pada tanggal 7 Desember 1941, Angkatan Laut Kekaisaran Jepang dipimpin Laksamana Madya Chuichi Nagumo dengan membawa lebih dari ratusan pesawat tempur yang ditempatkan di 6 kapal induk mereka beserta kapal-kapal penghancur lainnya mulai bergerak meninggalkan Teluk Hitokappu, Jepang menuju pangkalan Pearl Harbor. Armada-armada Jepang yang bergerak untuk menyerang Pearl Harbor sengaja tidak memasang radio apapun agar keberandaan mereka tidak terdeteksi oleh radar kantor pangkalan laut Pearl Harbor.

 

Pada tanggal 7 Desember 1941 pagi hari, Laksamana Madya Chuichi Nagumo memerintahkan untuk segera menggempur Pearl Harbor. Ratusan pesawat tempur jepang memulai lepas landas dari kapal induk AkagiHiryuKagaShokakuSoryu dan Zulkaku langsung menghujani peluru dan bom ke armada-armada laut di Pearl Harbor. Lebih dari ratusan kapal tempur Amerika hancur dan ribuan personil tentara Amerika gugur, serta korban dari pihak sipil tercatat 68 tewas dalam serangan mendadak yang dilancarkan Jepang tersebut.

Dari total 441 pesawat tempur, Jepang hanya kehilangan 55 pesawatnya dalam serangan tersebut. Sedangkan dari pihak Amerika, kapal terbesar dan  termasyur pada saat itu USS Arizona berhasil dijatuhi bom torpedo dan mengakibatkan lebih dari 1000 orang yang masih di dalam kapal tersebut gugur sia-sia. Kengerian suasana pada saat itu terlihat jelas dalam foto-foto yang bisa kita saksikan pada saat ini. Dalam pertempuran yang sangat mendadak menyebabkan Amerika tidak bisa berkutik untuk membalas serangan tersebut, hanya sebagian kecil tentara Amerika yang lolos dan balik menyerang dengan pesawat seadanya diantara ratusan pesawat tempur mereka yang telah hancur.

ALASAN JEPANG MENYERANG

PEARL HARBOR

Amerika yang menjadi basis kekuatan dunia terutama di Asia Pasifik membuat jepang sebagai negara yang berada di kawasan Asia mulai ingin unjuk gigi menyerang dan berikut alasan-alasan lain :

  1. Presiden Amerika saat itu, Franklin D Roosevelt mengembargo impor jepang seperti besi,baja dan minyak.
  2. Karena Amerika memiliki kekuatan armada laut yang sama kuat dengan Jepang, membuat jepang menyerang Pearl Harbor sebagai tindakan antisipasi terhadap Amerika dalam perang laut.
  3. Jepang mengklaim bahwa mereka adalah negara terkuat dalam angkatan lautnya. Sehingga perlu untuk menghancurkan para pesaingnya terutama Amerika Serikat.
  4. Jepang menyerang juga karena desakan Amerika, mengultimatum Jepang untuk mundur dari Indo-China.
  5. Amerika menentang ekspansi atau perluasan wilayah jajahan Jepang.
  6. Jepang yang terkenal dengan negara yang tak mengenal kata takut, berhasrat ingin menguasai dunia dan harus membuat keputusan diam atau menyerang negara kuat lain seperti Amerika.
  7. Jepang tahu, bahwa Pangkalan Laut Amerika di Pearl Harbor merupakan basis militer terkuat saat itu dan berkeinginan menyerang secara diam-diam sebelum Amerika Serikat siap sehingga membuat Amerika kehilangan semangat dalam mengikuti perang dunia.
  8. Jepang secara garis besar ingin Amerika tidak menentang Jepang dalam mengekspansi wilayah kekuasaan Kekaisaran jepang.
  9. Jepang ingin merusak stabilitas Amerika.

 

DAMPAK SERANGAN JEPANG

Laksamana Yamamoto Isoroku,Panglima tinggi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang

Laksamana Yamamoto Isoroku yang menjadi otak dari serangan ke Pearl Harbor meramalkan walaupun serangan sukses meluluh lantahkan angkatan laut Amerika, Jepang tidak akan mampu memenangkan peperangan ini karena Amerika memiliki sokongan dana yang besar untuk Angkatan Bersenjatanya. Dan juga Amerika masih memiliki Angkatan bersenjata lain yang tak kalah besar di sertai tidak semua kapal induk Amerika hancur. Walaupun pada saat penyerangan kapal induk di Pearl Harbor rusak semua, namun Amerika masih memiliki beberap kapal induk seperti Enterprise yang saat itu ada di luar Amerika, kapal induk Lexington yang sebelum penyerangan telah berlayar dan kapal induk Saratoga yang pada saat itu menjalani perawatan di galangan kapal Puget Sound, San Diego.

Presiden Amerika Serikat, Franklin D Roosevelt menandatangani Deklarasi perang terhadap Jepang.

Setelah aksi Jepang pada serangan itu, membuat Amerika memutuskan untuk ‘berpartisipasi’ dalam perang dunia II terutama menyerang balik Jepang. Lewat kongres pada 8 Desember 1941 Amerika membuat keputusan akan berperang melawan Jepang, Franklin D Roosevelt menandatangani deklarasi perang setelah menggelar pidatonya  yang berjudul “Hari yang akan kekal dalam keburukan” di hadapan rakyat Amerika. Akhir dari perang setelah, Amerika menjatuhkan Bom Atom di kedua Kota Jepang yaitu Hiroshima dan Nagasaki. Sekutu berhasil membuat jepang menyerah tanpa syarat. Serangan balik Amerika menyerang Jepang ini pula yang menjadi penentu kemerdekaan seluruh wilayah jajahan jepang termasuk Indonesia.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here