Pengertian dan Konsep Psikologi Kepribadian

Pembagian psikologi khusus yang keempat adalah psikologi kepribadian. Pembahasan tentang psikologi kepribadian sebenarnya sangat luas karena banyaknya teori yang berkembang tentang psikologi kepribadian. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pengertian dari psikologi kepribadian dan konsep-konsep yang menjadi dasar kajiannya.

Pengertian psikologi kepribadian

Psikologi kepribadian adalah ilmu yang mempelajari tentang upaya sistematis untuk mengungkapkan dan menjelaskan pola yang teratur dalam pikiran, perasaan, dan perilaku nyata manusia yang mempengaruhi kehidupannya. Tujuan dari upaya tersebut adalah untuk menciptakan tiga konsep sederhana dalam psikologi dengan maksud mengungkap karakteristik manusia, penentu kepribadian manusia, dan alasan perilaku manusia.

Konsep psikologi kepribadian

Secara sederhana konsep dari psikologi kepribadian adalah sebagai berikut:

1. Karakteristik manusia

Psikologi kepribadian mengungkap karakteristik manusia dengan melakukan pencatatan tentang karakter-karakter dan mencari tahu hubungan antara satu karakter dengan karakter lainnya. Pemahaman tentang perbedaan karakter manusia adalah hasil dari penelitian yang memetakan perbedaan karakter antara manusia yang satu dengan manusia lainnya.

2. Penentu kepribadian

Psikologi kepribadian lebih lanjut mencari tahu penentu kepribadian manusia. Kajiannya adalah dengan melihat latar belakang keluarga, sosial, pendidikan, agama dan lainnya. Kepribadian manusia sangat tergantung dengan kondisi lingkungan sekitarnya meskipun tidak bisa dinafikkan adanya karakter bawaan dari lahir yang kemudian dikembangkan atau disesuaikan dengan lingkungan tempat tinggalnya.

3.  Alasan perilaku manusia

Psikologi kepribadian sebagai bagian dari psikologi khusus tentunya batasan kajiannya dikhususkan pada individu. Sehingga konsep tentang perilaku mengkaji tentang alasan dari timbulnya perilaku dari manusia. Perilaku itu bisa saja unik (berbeda) atau memiliki kesamaan dengan perilaku manusia lainnya.

Psikologi kepribadian dengan ketiga konsep diatas berupaya untuk mengungkap hal-hal yang menyebabkan seorang manusia bertingkah, berpikir, dan merasakan sesuatu. Melalui konsep tersebut manusia mampu menjawab pertanyaan siapa saya, apa yang saya inginkan dan apa yang harus saya lakukan. Bahkan lebih jauh lagi seorang manusia mampu memberikan penilaian tentang manusia lain dengan melihat cara berbicara, cara bertindak (mengambil keputusan) dan cara berpikirnya (melalui ide-ide yang disampaikan).

Psikologi kepribadian menjadi bagian penting harus dipahami oleh manusia dalam menentukan pergaulan, memilih rekan bisnis, lingkungan bergaul dan sebagainya. Bahkan lebih jauh lagi menjadi acuan untuk melakukan seleksi penerimaan karyawan pada perusahaan-perusahaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here