Pengertian dan Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

Kembali kami lagi melanjutkan pembahasan tentang psikologi. Pada kesempatan sebelumnya kami telah membahas tentang psikologi perkembangan dan psikologi sosial dan pada kesempatan kali ini kami akan membahas pembagian psikologi khusus yang ketiga yaitu psikologi pendidikan. Baiklah kita langsung saja masuk pada pembahasan psikologi pendidikan.

Pengertian psikologi pendidikan

Psikologi pendidikan adalah ilmu yang mempelajari tentang proses yang dijalani oleh manusia dalam upaya mendapatkan ilmu pengetahuan. Fokus kajiannya adalah perkembangan manusia secara psikologis dengan kaitannya dengan pendidikan. Untuk lebih jelasnya berikut ruang lingkup kajian psikologi pendidikan.

Ruang lingkup psikologi pendidikan

Ada tiga ruang lingkup dari kajian psikologi pendidikan yaitu belajar, proses belajar, situasi belajar dan konsep belajar. Dari  ketiga hal inilah perkembangan manusia dapat diukur dengan menggunakan metode tertentu.

1. Belajar

Sebagaimana kita pahami bahwa belajar adalah proses perubahan tingkah laku, kemampuan kognitif dan juga sikap terhadap sesuatu yang didapat dari proses latihan dan pengalaman. Oleh karena itu keberadaan psikologi pendidikan adalah untuk mengkaji tentang teori-teori belajar, prinsip-prinsip belajar, dan ciri-ciri khas peserta didik dalam perilaku belajarnya. Intinya bahwa fokus kajian psikologi pendidikan terkait dengan belajar adalah pada manusianya (peserta didik).

2. Proses belajar

Pada proses belajar fokus kajian psikologi pendidikan adalah pada kemampuan peserta didik menerima pelajaran dengan konsep belajar yang digunakan serta minat peserta didik pada pelajaran dan juga terkait pada metode yang digunakan dan materi pelajaran yang dipelajari. Melalui psikologi pendidikan, pendidik dan peserta didik mampu mengukur kelebihan dan kekurangan dari proses belajar yang telah dijalani. Hal yang dapat diukur adalah terkait minat terhadap metode pembelajaran dan juga materi pelajaran yang diajarkan/dipelajari.

3. Situasi belajar

Melalui psikologi pendidikan situasi belajar di desain sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Psikologi pendidikan menciptakan proses pendidikan yang tidak memberikan tekanan secara psikologis kepada peserta didik. Tenaga pendidik akan mampu mengetahui desain atau metode pembelajaran yang baik agar mampu membangkitkan semangat belajar peserta didik nya.

4. Konsep belajar

Muara dari ketiga ruang lingkup dari kajian psikologi pendidikan diatas adalah sebuah desain yang cocok untuk konsep belajar. Bagaimana peserta didik dan tenaga pendidik merasa nyaman dalam menjalani proses pendidikan. Melalui konsep belajar yang tepat maka harapan akan tercapainya proses pendidikan yang kondusif akan tercapai.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here