Pengertian Insecure, Dampak dan Cara Mengatasinya

ERUDISI.com – Insecure merupakan sebuah perasaan yang dimiliki oleh seseorang yang merasa kurang percaya diri akan penampilan fisiknya dan merasa kurang mampu akan kelebihan yang

Arga Fica

Pengertian Insecure, Dampak dan Cara Mengatasinya foto:(pexels)
Pengertian Insecure, Dampak dan Cara Mengatasinya foto:(pexels)

ERUDISI.com – sebuah perasaan yang dimiliki oleh seseorang yang merasa kurang percaya diri akan penampilan fisiknya dan merasa kurang mampu akan kelebihan yang dimilikinya. Orang yang insecure seringkali mengalami overthinking sehingga dia mudah cemas dan stress karena pikirannya sendiri.

Mengapa seseorang bisa insecure? Seseorang bisa insecure karena memiliki pola pikir yang salah dia menganggap bahwa dirinya berbeda dari yang lain dan orang yang mudah insecure seringkali melihat kemampuan orang lain dan membanding-bandingkan dengan dirinya dan sifat itulah yang membuat seseorang sering merasa insecure.

Sering merasakan insecure ternyata juga tidak baik bagi kesehatan fisik dan juga mental dan bisa menimbulkan berbagai macam efek negatif untuk diri seseorang, simak penjelasan berikut.

Bagi Seseorang:

1. Tidak Memiliki Kepercayaan Diri

Entah apa yang membuat seseorang mudah insecure mungkin karena minder dengan orang lain ataupun hal yang lainnya, sehingga orang yang sering merasa insecure cenderung lebih menutup diri dan menarik diri dari lingkungan maupun dari media sosialnya.

Orang yang insecure melakukan hal tersebut karena dia tidak mau jika ada orang lain mengetahui latar belakangnya dan segala aktivitas yang dilakukannya, dia takut jika ada orang lain yang mengusiknya serta memberikan saran yang dirasa dapat membuatnya merasa down.

2. Sulit Berkembang

Bahayanya orang yang sering merasa insecure adalah sulit untuk berkembang karena orang yang insecure ada saja pikiran yang dapat menghambatnya untuk berkembang, didalam benak nya terdapat berbagai keraguan dan kecemasan ketika hendak melakukan sesuatu dia takut jika rencananya tidak berhasil alias takut gagal.

Orang insecure ingin berusaha memberikan yang terbaik bagi dirinya namun belum melakukan apapun sudah takut kegagalan menghampirinya, dia takut jika kegagalan yang menghampirinya akan menjadi bahan tertawa dan pembicaraan orang lain.

3. Sulit Mendapatkan Teman

Karena orang yang insecure kurang percaya diri dan sering menutup diri biasanya orang yang insecure sulit mendapatkan teman, karena orang lain sungkan ataupun takut untuk mendekatinya dan menghargai keinginannya yang cenderung menyukai kesendirian.

Orang insecure memang suka menyendiri namun juga sering merasakan kesepian. Ketika orang insecure hendak berbaur dengan teman yang lainnya dan ketika ada seseorang yang mencoba mendekatinya maka dia akan grogi,gugup dan khawatir jika temannya tidak menyukai kehadirannya atau kurang menyukainya.

4. Mudah Stress

Seseorang yang sering insecure mudah sekali kehilangan rasa semangat dari dalam dirinya sehingga dapat membuat dirinya merasa lelah, emosi, mudah menangis,overthinking dan rawan terkena depresi untuk itu jangan anggap remeh orang yang mudah insecure karena kita tidak mengetahui seberapa besar perjuangannya untuk tetap berusaha terlihat tegar dihadapan orang lain.

:

1. Membangun Rasa Percaya diri

Percaya kepada diri sendiri bahwa kita mampu melakukan yang terbaik untuk diri kita tanpa memikirkan untuk dapat menjadi seseorang yang disukai oleh semua orang, kita harus sadar bahwa kita tidak bisa memaksa seseorang untuk menyukai kita dan menghargai perjuangan kita cukup kita lakukan usaha yang terbaik untuk diri kita dan semoga mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

2. Bersyukur

Mensyukuri atas segala yang Tuhan telah berikan kepada kita meski ada beberapa keinginan yang belum dikabulkan oleh Tuhan, kita harus bisa belajar bersyukur dan memiliki rasa cukup agar diri kita tidak selalu merasa kekurangan. Dengan bersyukur kita akan menjadi lebih tenang dan damai.

3. Stop Membandingkan Diri

Hampir semua orang selalu membandingkan dirinya dengan orang lain misalnya dengan saudara, teman, tetangga dan bahkan sahabatnya sendiri. Banyak sekali orang yang kagum melihat pencapaian seseorang dan seakan-akan ketika kita melihat orang lain jalannya nampak mudah dibandingkan dengan kita padahal kenyataanya kita tidak mengetahui seberapa besar perjuangan orang lain untuk mendapatkan keinginannya tersebut.

Dari pada sibuk membandingkan diri dengan orang lain lebih baik kita jadikan pencapaian orang lain sebagai motivasi atau penyemangat kita supaya kita lebih tekun dalam bekerja untuk mendapatkan apa yang kita harapkan dan inginkan.

4. Berusaha Berfikir positif

Buang semua pikiran negatif yang ada dalam diri kita dan mulailah untuk selalu berpikir positif karena pikiran yang positif dapat membuat seseorang terhindar dari stress dan pikiran negatif, berfikir secara positif juga merupakan salah satu cara untuk penguatan diri agar tidak mudah memiliki perasaan mudah kecewa,minder dan insecure.

Stop merasa insecure dan segera lawan rasa insecure yang ada dalam diri kita, supaya kita kedepannya bisa berkembang dan meraih semua impian kita dengan penuh rasa percaya diri.

Related Post