Pengertian Manajemen dalam Pendidikan

Dalam kamus bahasa Indonesia manajemen berasal dari bahasa Inggris yaitu management, dengan kata kerja to manage yang secara umum berarti “mengurusi”. Manajemen juga sering diartikan sebagai ilmu, kiat, dan profesi.

Sedangkan manajemen menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:

Stoner – Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

Harsey dan blanchard – Manajemen suatu proses bagaimana pencapaian sasaran organisasi melalui kepemimpinan.

Sudjana – Manajemen merupakan rangkaian berbagai kegiatan yang wajar dilakukan seorang berdasarkan norma-norma yang telah ditetapkan dan dalam pelaksanaannya memiliki hubungan dan saling keterkaitan dengan lainnya.

Dari beberapa definisi para ahli di atas kita bisa menyimpulkan bahwa manajemen merupakan suatu proses yang berkesinambungan, yang berkaitan dengan kemampuan dan keterampilan khusus yang dimiliki oleh seseorang untuk melakukan kegiatan baik secara perorangan maupun bersama dalam mengoordinasi dan menggunakan segala sumber daya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sehingga manajemen pendidikan bisa kita artikan sebagai suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan berupa proses pengelolaan usaha kerjasama kelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumnya.