Pengertian Overthinking dan Penyebabnya

ERUDISI.com – Overthinking artinya berfikir secara berlebihan mengenai segala sesuatu yang dialaminya, baik itu kejadian yang telah berlalu maupun kejadian yang akan mendatang. Kebanyakan orang

Arga Fica

Pengertian Overthinking dan Penyebabnya (Sumber foto: pixabay)
Pengertian Overthinking dan Penyebabnya (Sumber foto: pixabay)

ERUDISI.com – artinya berfikir secara berlebihan mengenai segala sesuatu yang dialaminya, baik itu kejadian yang telah berlalu maupun kejadian yang akan mendatang.

Kebanyakan orang yang mudah overthinking ialah orang yang pendiam atau introvert, dia memiliki sifat yang tidak enakan dan mudah khawatir. Hal yang sering dikhawatirkan biasanya dia takut jika perkataan ataupun sikap nya tanpa sengaja melukai hati orang lain.

Jika dia tanpa sengaja salah dalam mengambil tindakan dan ucapan yang dirasa dapat menyakiti hati orang lain, maka dia akan cenderung merasa bersalah dan menyesal kepada orang yang bersangkutan. Dia takut orang yang dia sakiti akan memandang buruk dirinya.

Kenapa seseorang dapat overthinking ? Ada banyak penyebab seseorang dapat overthinking tapi overthinking biasanya dapat terjadi karena seseorang memiliki cara pola pikir yang salah, berikut ini ada beberapa penyebab yang dapat membuat seseorang mudah overthinking.

1. Takut Dipandang Negatif

Seseorang mudah overthinking karena takut orang lain tidak menyukainya baik dari perkataan maupun perbuatan yang dilakukannya. Orang yang mudah overthingking akan selalu berusaha dan menutut dirinya untuk selalu menjaga sikap dan perkataan nya agar orang lain merasa nyaman dan senang saat berada didekatnya.

Dia berharap dengan menjaga setiap perkataan dan perbuatan nya seseorang akan menghargai nya dan berpikir positif tentangnya.

2. Tidak Ingin Mengecewakan Orang

Orang yang mempunyai sifat overthinking juga sangat takut mengecewakan orang lain, disaat orang lain sedang membutuhkan bantuan atau menyuruhnya untuk melakukan sesuatu maka dia akan melakukannya dengan bersungguh-sungguh.

Meski dia sebenarnya terkadang tidak ingin melakukan apa yang orang lain minta, tapi karena sikapnya yang tidak enakan dan mudah sungkan maka dia tidak bisa menolak permintaan orang lain.

Meski dia berhasil mengerjakan permintaan orang lain dengan baik namun tanpa disadari dia juga telah merugikan dirinya sendiri karena didalam hatinya sebenarnya ingin menolak tapi tetap memaksakan diri untuk mengerjakan permintaan orang lain.

3. Mudah Merasa Bersalah

Ketika orang yang overthinking mendapatkan masalah dan melibatkan orang lain dalam permasalahannya maka dia akan merasa bersalah dan menyesal tentang apa yang telah diperbuatnya.

Orang yang overthinking cenderung sering meminta maaf karena dirinya merasa bahwa tindakan yang dilakukannya sangat merugikan orang lain dan telah membuat orang lain merasa tidak tenang.

4. Takut Mencoba Hal Baru

Saat akan melakukan sesuatu yang baru atau sesuatu yang pertama kali didalam kehidupannya maka dia akan sering merasa gelisah karena takut menghadapi hal baru tersebut.

Orang yang suka overthinking selalu memikirkan bermacam-macam hal yang belum tentu akan terjadi dan biasanya dari pikiran tersebut lah yang dapat menakuti dirinya sendiri, untuk mencoba melakukan hal baru.

5. Memikirkan Perkataan Orang Lain

Penyebab kebanyakan orang dapat berpikir overthinking yang sering terjadi penyebab utamanya adalah ketika mereka mendapatkan perkataan yang dapat melukai perasaan nya, mereka cenderung akan terus memikirkan perkataan dari orang lain tersebut.

Mereka merasa sedih, kecewa dan cemas atas pendapat yang diungkapkan oleh orang lain kepadanya namun mereka lebih memilih untuk diam daripada harus berbicara banyak.

Orang yang mudah overthinking selalu menjaga setiap perkataan yang keluar dari mulut nya, dia tidak ingin perkataan nya menyakiti orang lain meskipun terkadang orang lain suka berbicara tanpa memikirkan perasaan nya.

:

1. Mudah Cemas

Orang yang mudah overthinkingketika dihadapkan dengan sebuah masalah dia selalu bingung seakan-akan sedang terjebak dalam situasi yang paling sulit sehingga tidak bisa berfikir dengan jernih. Karena mereka selalu lebih dulu membayangkan dampak negatif dari masalah yang sedang menimpanya.

Padahal jika mau berpikir secara positif sesulit apapun masalahnya pasti akan cepat menemukan jalan keluar .

2. Pendiam

Orang yang sering diam biasanya sering menyimpan segala sesuatu dan semua masalahnya sendirian dan cenderung selalu merenungkan tentang kejadian yang telah berlalu, kejadian yang selalu direnungkannya biasanya tentang kejadian yang dapat membuatnya merasa bersalah,malu dan cemas.

3. Tidak Bisa Fokus

Ketika suasana hati dan pikiran tidak dalam kondisi baik biasanya orang yang selalu overthingking tidak bisa fokus pada pekerjaan yang sedang dia kerjakan karena ada sesuatu yang mengganjal dipikirannya.

Akibatnya segala sesuatu yang sedang dikerjakannya hasilnya kurang maksimal , jika terus overthinking maka selain dapat menganggu segala pekerjaan juga dapat membuat pikiran menjadi lelah karena terbebani oleh pikiran yang banyak.

4. Tidak Bisa Membuat Keputusan

Keraguan saat akan mengambil sebuah keputusan sering dialami oleh orang yang overthinking, dia takut jika keputusan yang diambil ternyata kurang tepat.

Orang overthinking lebih suka melakukan keputusan yang dibuat oleh orang lain karena menurutnya resikonya lebih kecil dari pada salah mengambil keputusan. Jadi orang yang memiliki overthinking selalu ingin berada di zona nyaman dan tidak ingin terkena resiko.

:

1. Menerima Kenyataan

Mampu menerima kenyataan yang ada juga merupakan salah satu cara untuk berhenti overthinking, jika kita mampu menerima segala kenyataan baik atau pahit maka hati kita akan merasa lebih tenang dan ikhlas.

2. Selalu Bersyukur

Mengucap syukur di setiap waktu baik di waktu senang maupun sedih dapat menenangkan hati dan juga pikiran kita. Saat ada masalah yang datang menghampiri orang yang selalu bersyukur didalam kehidupannya akan menganggap masalah yang datang kepadanya sebagai ujian atau rintangan yang harus dipecahkan, sehingga sikap bersyukur dapat menghentikan pikiran overthinking.

3. Curhat

Ketika kita tidak tau lagi harus bagaimana dalam menghadapi sesuatu dan tidak tau lagi harus berbuat apa, maka jangan sungkan dan takut untuk membicarakan tentang apa yang sedang kita pikirkan kepada orang lain.

Untuk menenangkan hati dan pikiran kita ada kalanya jika kita harus mencurahkan isi hati dan pikiran kita kepada orang yang telah kita percayai, siapa tau saja orang yang telah kita percayai dapat membantu kita mengenai sesuatu yang sedang kita pikirkan.

Seperti yang kita ketahui segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik begitu juga dengan pola pikir overthinking, jika kita memiliki pola pikir overthinking maka sebisa mungkin kita harus segera menghentikan kebiasaan tersebut.

Karena Overthinking tanpa disadari juga dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan mental dan dapat menimbulkan kelelahan fisik.

Related Post