Penjelasan Backlink untuk Pemula

Bagi seorang blogger mungkin sudah sangat mengenal sekali apa yang dimaksud dengan Backlink. Selain dapat membantu situs masuk dalam peringkat atas search engine result page (SERP) Google, backlink juga dapat serta merta membuat peringkat Alexa Anda akan menurun.

Artikel lain : Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blog?

Oleh sebab itu maka tak heran jika ada banyak sekali webmaster yang rela mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan backlink ke situs mereka. Namun yang dimaksud disini ialah backlink berkualitas, bukan backlink yang berasal dari spam komentar di situs website maupun blog orang lain.

Dalam Ilmu SEO (search engine optimization) yang dimaksud dengan backlink ialah tautan backlink yang berasal dari situs web orang lain yang mengarah ke situs kita,

Dengan adanya jalinan antara suatu situs dengan situs yang berupa feedback atau umpan balik dari situs orang lain tentu hal ini akan membuat situs Anda naik ke peringkat teratas di pencarian Google.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Sistem Moderasi Komentar

Namun juga perlu didukung dengan teknik SEO lainnya agar situs website atau blog yang Anda kelola bisa bertahan lama di tingkat teratas mesin pencari Google.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Jika Anda telah memahami pengertian backlink, maka langkah selanjutnya yang harus Anda pelajari ialah cara mendapatkan backlink, namun Anda harus dapat membedakan mana backlink yang berkualitas dan mana yang bukan. Sebab jika Anda mendapatkan backlink yang tidak berkualitas dengan cara spam, maka hal ini dapat menyebabkan situs Anda deindeks atau masuk ke sand box Google.

Nah jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang cara mendapatkan backlink berkualitas, mungkin ada baiknya jika Anda menyimak penjelasan di bawah ini.


1. Berkomentar di blog orang lain

Cara paling mudah untuk mendapatkan backlink berkualitas ialah dengan berkomentar di blog orang lain, namun sebelum berburu backlink ada baiknya jika melihat PA (page authority) atau pun DA (Domain Authority) yang dimiliki situs tersebut, sebab jika Anda berburu backlink yang memiliki PA/DA kecil maka backlink yang Anda dapat merupakan backlink yang tidak berkualitas.

Artikel lain : Cara Berkomentar yang Baik untuk Jejak Testimoni Berkualitas

2. Backlink dari blog zombie

Untuk mendapatkan backlink berkualitas juga dapat mudah dilakukan dengan membuat backlink dari blog zombie, cara membuat blog zombie juga cukup mudah dimana Anda hanya perlu membuat blog sebanyak mungkin dan isi di setiap blog masing-masing 10 artikel yang difungsikan sebagai backlink ke blog utama.

Menurut beberapa pakar SEO cara ini cukup ampuh untuk membantu situs Anda naik ke peringkat atas pencarian Google.

3. Backlink Dari Wikipedia

mendapatkan backlink dari wikipedia merupakan salah satu hal yang paling didambakan seorang blogger, sebab untuk mendapatkan backlink dari wikipedia tidaklah mudah.

Dimana Anda perlu membuat sebuah artikel yang berguna bagi pengguna internet dan kemudian membuat external link yang mengarah ke situs website Anda.

Namun jika Anda terbukti melakukan Spam promosi maka postingan Anda di Wikipedia akan dihapus, sebab Wikipedia sangat membenci spam atau artikel yang digunakan untuk tujuan promosi.

Artikel lain : Mengaktifkan Sistem Moderasi Komentar Blogger untuk menghindari spam

4. Tukeran Link Ke Sesama Blogger

Cara mendapatkan backlink yang terakhir ialah dengan tukeran link ke sesama blogger, meskipun kurang efektif namun cara yang satu ini cukup mudah dilakukan, dimana hanya perlu mencari blogger lain yang mau diajak tukeran link di masing-masing blog.

Artikel lain : Tips Menulis Artikel untuk Blogger Pemula dengan Praktis

Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here