Penyebab Bayi Menangis Malam

Bayi menangis malam sering membuat orang tua merasa khawatir dan memang pantas khawatir. Oleh karena itu orang tua harus segera mencari tahu apa saja penyebabnya.

Rudi Art

bayi menangis malam

menangis malam sering membuat orang tua merasa khawatir dan memang pantas khawatir. Oleh karena itu orang tua harus segera mencari tahu apa saja penyebabnya. Penyebab bayi menangis malam bisa berasal dari dalam dan luar diri bayi.

Untuk mengatasi rasa khawatir orang tua dan membantu mencari solusi terhadap persoalan bayi menangis pada malam hari. Kami akan membahas penyebab bayi menangis yang berasal dari luar dan dalam diri bayi itu sendiri. Meskipun pada hakikatnya penyebab awalnya bayi menangis tentu semua berasal dari luar.

Penyebab dari luar

Penyebab bayi menangis pada malam hari akan kita lihat terlebih dahulu penyebab yang berasal dari luar. Ada beberapa hal yang perlu orang tua perhatikan (khususnya ibu) apabila akan menidurkan bayinya agar tidurnya nyaman. Berikut hal-hal yang perlu orang tua perhatikan yang mungkin jadi penyebab bayi menangis malam hari.

Bayi menangis karena nyamuk/serangga

Nyamuk/serangga sering menjadi permasalahan saat tidur, bukan hanya pada bayi bahkan pada orang dewasa sekalipun. Oleh karena itu pada saat bayi akan di tidur kan pastikan bayi sudah terlindungi dari gigitan nyamuk/serangga. Orang tua pasti lebih tahu apa yang harus dilakukan, apakah menyiapkan kelambu khusus bayi, menggunakan obat anti nyamuk/serangga, dan lain sebagainya.

Bayi menangis karena kepanasan/kedinginan

Suhu ruangan tempat bayi tidur juga penting menjadi perhatian. Apabila suhu terlalu panas maka bayi tidak akan nyaman dan akan membuatnya terbangun dari tidur dan menangis. Sama halnya apabila suhu terlalu dingin juga bisa menjadi penyebab bayi menangis.

Bayi menangis karena basah

Bayi menangis karena basah yang kami maksud disini adalah apabila bayi mengompol. Menggunakan Pampers saat bayi bersiap tidur bisa jadi solusi. Pastikan bisa menyerap banyak air agar tetap kering sepanjang malam.

Penyebab dari dalam

Penyebab bayi menangis yang berasal dari dalam diri bayi sebenarnya penyebab awalnya berasal dari luar. Bayi akan membawa pengalamannya selama seharian ke alam tidurnya. Semakin nyaman bayi menjalani harinya maka akan semakin nyanyak pula tidurnya. Berikut penyebab bayi menangis pada malam hari yang berasal dari dalam dirinya sendiri.

Bayi menangis karena sakit

Bayi sangat rentang dengan berbagai makan penyakit. Oleh karena itu kemungkinan penyebab bayi menangis pada malam hari karena sakit. Apakah karena memang sudah sakit pada hari sebelumnya atau baru mulai sakit pada saat tidur.

Bayi menangis karena mimpi

Sama halnya orang dewasa bayi juga sebenarnya sudah mulai bermimpi. Namun karena belum bisa menceritakan mimpinya maka orang tua tidak pernah tahu apa mimpi anaknya. Apabila mimpi membuatnya tidak nyaman maka bayi akan menangis. Mimpi buruk pada bayi bersumber dari pengalamannya dalam sehari.

Bayi menangis karena kelelahan

Siapa yang tidak suka bermain dengan bayi? Namun tahukah anda bahwa semakin lama bayi diajak bermain maka akan semakin terkuras energi nya imbas nya adalah pada malam hari dia akan sangat kelelahan. Bukannya rasa lelah itu membuatnya tertidur pulas malah akan menjadi teror malam buat bayi.

Bayi membutuhkan rasa nyaman baik dalam keadaan terjaga maupun tidur. Siang atau malam bayi harus diberikan perhatian dan kasih sayang. Orang tua harus bisa menjadi benteng yang melindungi bayi dari benda-benda yang membahayakan kesehatan dan juga mentalnya.

Rudi Art

Belajar lagi dan lagi

Tags

Related Post