Breaking News
bayi susah tidur, bayi mengantuk, bayi terlalu kecapaian

Penyebab Bayi Susah Tidur

susah menjadi masalah bagi hampir semua orang tua khususnya ibu-ibu muda. Mempunyai pertama tentu memiliki masalah tersendiri dalam pengasuhannya sehingga terkadang butuh pendampingan. Salah satu masalah yang sering terjadi pada bayi adalah bayi susah tidur kalau malam.

Penyebab bayi susah tidur harus dipahami oleh orang tua agar tidak menjadi kebiasaan buruk pada anak nantinya. Untuk membantu para orang tua khususnya ibu-ibu muda atau yang sedang merawat bayi pertamanya. Kami akan berbagi pengetahuan tentang penyebab bayi susah tidur.

Bayi Susah Tidur Karena Kelelahan

Secara teori orang yang kelelahan butuh istirahat, dan istirahat yang paling baik adalah tidur. Namun pada kenyataannya bayi yang kelelahan atau bayi kecapaian karena kebanyakan bermain di siang hari bisa membuat tidurnya jadi terganggu. Segala bentuk aktivitasnya di siang hari akan terbawa dan menyebabkan tidurnya jadi tidak nyaman.

Bayi susah tidur karena kelelahan disebabkan oleh aktivitasnya di siang hari terbawa ke alam mimpi. Mimpi tersebut bisa membuatnya terbangun dan bahkan bisa membuatnya langsung menangis. Oleh karena itu bayi apabila ada yang mengalami masalah tersebut bisa mengurangi aktivitas bayinya, meskipun sebenarnya bayi akan sangat senang diajak bermain.

Bayi susah tidur karena kondisi tempat tidur

Bayi membutuhkan rasa nyaman dan aman dalam segala aktivitasnya, lebih terkhusus lagi pada saat mau tidur. Rasa nyaman sangat diperlukan oleh bayi agar tidurnya tidak terganggu. Kondisi tempat tidur yang kami maksud disini adalah suhu dalam ruangan, kebisingan, dan juga serangga.

  • Suhu ruangan

Bayi susah tidur apabila berada pada suhu ruangan yang tidak normal. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memperhatikan suhu ruangan sebelum menidurkan bayinya. Suhu ruangan tidak boleh terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas.

  • Kebisingan

Suara-suara yang terlalu berisik sebelum bayi tertidur sangat berpengaruh dengan kenyamanan. Apabila sekitar tempat tidur bayi masih bising, mungkin karena suara televisi atau orang bercerita dengan suara yang terlalu besar akan membuat bayi susah tidur. Oleh karena itu orang tua yang ingin menidurkan bayinya harus mensterilkan ruangan dari kondisi tersebut.

  • Serangga

Ruangan tempat tidur bayi harus bersih agar terbebas dari serangga seperti semut atau nyamuk yang bisa mengganggu tidurnya. Bayi susah tidur karena serangga merupakan persoalan klasik namun bisa menyebabkan masalah tidur pada bayi. Jadi sebagai orang tua yang baik maka penting sekali untuk menjaga kebersihan tempat tidur bayinya dan memastikan si bayi tidak akan terganggu oleh gigitan serangga.

Bayi susah tidur karena lapar/haus

Makan dan minum bayi harus menjadi perhatian penting bagi orang tua. Apabila bayi tiba-tiba terbangun pada malam hari (pada saat tidur) kemungkinan merasa haus atau lapar. Untuk itu orang tua perlu memperhatikan pola makan bayinya.

Bayi susah tidur karena lapar atau haus mungkin menjadi masalah serius bagi orang tua. Apalagi kalau orang tuanya sudah ngantuk dan kecapaian. Pada usia bayi yang masih dalam usia menyusui anda tidak perlu membuatkan makanan cukup dengan memberikannya ASI.

Memiliki bayi membuat anda harus stand by 24 jam. Hal itu sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk memberikan rasa nyaman dan aman kepada bayinya. Orang tua yang baik harus siap berkorban untuk buah hatinya. Persoalan bayi susah tidur sebenarnya bisa anda atasi sendiri dengan melihat kebiasaan-kebiasaan yang terjadi. Apabila anda terus mendapati masalah bayi susah tidur maka itu berarti anda perlu merubah kebiasaan bayi anda.

Check Also

Panduan MPASI Bayi 6 bulan

Panduan Pemberian Makanan Padat Pertama pada Bayi

ERUDISI.com – Ayah Bunda perlu panduan pemberian makanan padat pertama pada bayi? Apalagi bagi ayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *