Penyebab dan Cara Mengobati Masuk Angin

Halo sahabat erudisi, pernah gak rasakan badan panas dingin, perut sakit, kepala mendadak menjadi pusing, badan pegal-pegal?

Bisa jadi itu adalah gejala masuk angin. Masuk angin tidak bisa di anggap remeh karena kalau masuk angin datang pasti akan mengganggu aktifitas sehari-hari kita. Jadi begitu kita merasakan gejala masuk angin, maka kita harus segera mengobatinya. Cara mengobati masuk angin yang biasa dilakukan masyarakat adalah dengan cara kerokan. Cara ini sangat efektif karena dengan kerokan, pori-pori kulit akan terbuka dan angin akan keluar. Tapi cara itu akan menyebabkan pori-pori kulit semakin melebar sehingga akan lebih mudah terserang masuk angin.

Masuk angin disebabkan oleh beberapa hal, berikut ini adalah ulasan tentang penyebab masuk angin dan cara mengobatinya.

  • Jauhi makanan dan minuman dingin

Masuk angin biasanya disebabkan oleh suhu dingin di sekitar kita. Nah, karena itu kita harus menghindari makanan dan minuman yang dingin pula.

  • Pola makan yang teratur

Perut yang kosong akan menyebabkan masuk angin karena udara akan memenuhi perut kita yang kosong. Menjaga pola makan yang teratur adalah cara yang sangat efektif untuk mencegah masuk angin.

  • Memakai jaket saat berkendara

Jika kita berkendara sepeda motor apalagi perjalanan jauh, sangat di anjurkan untuk memakai jaket saat berkendara. Apalagi kalau malam hari saat udara semakin dingin.

  • Rebusan air daun pepaya

Obat ini sangat manjur untuk mencegah masuk angin, namun cara ini jarang dilakukan karena rasa daun pepaya yang pahit. Kandungan antibiotik dalam daun pepaya sangat tinggi sehingga sangat efektif menyembuhkan masuk angin.

  • Mengkonsumsi bawang putih

Bawang putih memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat menyembuhkan masuk angin. Anda bisa memakan bawang putih mentah-mentah atau mencampurkannya dengan makanan.

 

 

Demikianlah sedikit info penyebab dan cara mengobati masuk angin.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here