Penyebab Malas Ngeblog dan Cara Mengatasinya

Mungkin Anda pernah merasa malas untuk ngeblog, baik itu posting artikel, menjawab komentar dan sebagainya. Hal ini bisa terjadi pada setiap blogger, yang penting jangan sampai keterusan.

Untuk mengatasinya, pertama Anda harus tahu dulu apa penyebabnya, lalu cari solusi agar Anda kembali semangat ngeblog lagi.

Berikut beberapa penyebab umum malas ngeblog dan cara mengatasinya:

1. Tidak menghasilkan apapun

Banyak blogger malas ngeblog karena mereka merasa tidak menghasilkan apapun. Hal ini karena kebanyakan orang menjadi blogger hanya untuk mendapatkan uang, tapi setelah mencoba ternyata tidak mampu menghasilkan uang sepeser pun.

Untuk mengatasinya, Anda harus meninjau kembali motivasi dan tujuan menjadi blogger. Mungkin awalnya bertujuan demi uang, tapi cobalah rubah mindset untuk berbagi kepada sesama. Karena jika tujuan Anda ngeblog hanya untuk mendapatkan uang, Anda akan cepat sekali merasa bosan, karena ngeblog bukan cara cepat untuk menghasilkan uang.

2. Tugas lain yang menumpuk

Banyak orang menjadi blogger hanya sebagai pekerjaan sampingan. Jika pekerjaan utama sedang banyak tugas yang menumpuk, akan membuat Anda malas untuk ngeblog.

Jika ini masalahnya, yang harus bisa membagi waktu dan menepati jadwal yang telah Anda buat sendiri. Dengan begitu, tidak ada tugas menumpuk dan Anda tetap bisa meluangkan waktu untuk blog.

3. Permohonan publisher periklanan selalu ditolak

Meski banyak cara menghasilkan uang dari blog, kebanyakan blogger mengandalkan menjadi publisher periklanan seperti Adsense atau lainnya. Dan ketika mereka mengajukan blognya dan selalu ditolak, banyak blogger akan patah semangat dan akhirnya malas untuk ngeblog. Selain permohonan selalu ditolak, masalah lain yang hampir sama adalah ketika akun perikanan Anda dibanned.

Solusinya, cobalah untuk mengajukan ke tempat lain, atau Anda dapat mencoba menjadi penulis artikel di Erudisi. Dengan menjadi penulis di Erudisi Anda bisa mendapatkan berbagai reward yang tersedia. Untuk lebih jelasnya silakan baca: menjadi penulis Erudisi.

4. Kehabisan ide menulis

Penyebab lain yang membuat malas ngeblog, ketika kehabisan ide untuk menulis artikel baru.

Solusinya, carilah referensi pada blog lain dengan niche yang sama. Atau Anda bisa mengundang penulis lain untuk mengisi di blog Anda.

5. Emang lagi bosan aja

Ya ini sebenarnya bukan alasan. Bosan ngeblog boleh-boleh saja, asal jangan keterusan. Biasanya rasa malas ini terjadi karena Anda tidak punya aktivitas lain selain ngeblog. Atau memang Anda tidak hobi blogging dan menjadikan blogging hanya dengan motivasi mencari uang.

Untuk mengatasi ini, carilah aktivitas lain. Tinggalkan blog sementara waktu juga boleh dicoba. Setelah itu biasanya semangat ngeblog Anda akan kembali pulih.

Siap blogger berbeda. Cari tahu apa penyebab Anda malas ngeblog. Setelah itu, temukan solusinya produktivitas blogging pun menjadi kembali meningkat. Namun jika Anda yakin bahwa ngeblog adalah “jalan hidup” Anda, satu-satunya cara untuk mengatasi rasa malas ini adalah: paksakan diri! Orang sukses adalah orang yang mampu memaksa diri mereka sendiri untuk mencapai potensi terbaiknya.