Penyebab Mimisan pada Anak dan Cara Mengatasinya

Penyebab mimisan pada anak bisa terjadi karena banyak hal. Penyebab mimisan harus diketahui oleh orang tua, agar bisa memberikan pertolongan pertama saat terjadi mimisan pada anak. Anak sangat rentang dengan berbagai macam penyakit, oleh sebab itu orang tua harus siap kapan saja untuk memberikan pertolongan pertama pada anaknya.

Orang tua tidak boleh panik saat anaknya terkena penyakit tertentu apalagi kalau terkena mimisan. Untuk tidak panik orang tua tentunya harus tahu penyebab dan cara mengobatinya. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang penyebab mimisan pada anak dan cara mengatasinya atau pertolongan pertama apa yang harus dilakukan.

Penyebab mimisan pada anak

Sebelum cari tahu penyebab mimisan pada anak sebaiknya kami membahas dulu apa itu mimisan. Mimisan adalah keluarnya darah dari hidung yang dapat disebabkan bermacam-macam hal. Sebenarnya mimisan tidaklah terlalu berbahaya dan dapat berhenti dengan sendirinya, namun apabila kejadian mimisan terulang beberapa kali dan terhitung sering maka sebaiknya di bawa ke pelayanan kesehatan terdekat.

Polusi udara

Penyebab mimisan yang paling mungkin terjadi adalah polusi udara. Polusi udara ini bisa diakibatkan oleh asap kendaraan bermotor dan asap rokok. Kedua penyebab polusi ini biasanya sangat akrab dengan anak. Polusi udara bisa menyebabkan terjadinya iritasi dibagian selaput lendir anak yang terbilang masih sangat tipis dan mudah sobek.

Trauma pada hidung

Trauma pada hidung bisa menjadi penyebab mimisan pada anak. trauma ini bisa disebabkan karena terbentur benda keras atau mengorek hidung terlalu keras saat membersihkan lubang hidung (mengupil). Trauma berupa benturan bisa dengan cepat menyebabkan selaput lendir pecah atau sobek.

Obat-obatan

Penyebab mimisan lainnya bisa karena penggunaan obat-obatan. Perlu diketahui bahwa organ tubuh anak masih sangat lemah dan belum sempurna pada organ tubuh dewasa. Oleh karena itu organ tubuh sangat rentang terhadap efek samping dari penggunaan obat-obatan. Khusus untuk kesehatan hidung penggunaan obat-obatan yang mengobati hidung mampet menjadi lega bisa membuat hidung anak terjadi iritasi dan menyebabkan mimisan.

Infeksi pada hidung

Penyebab mimisan yang mungkin paling berbahaya adalah adanya infeksi pada hidung. Infeksi pada rongga hidung bagian kiri dan kanan bisa jadi adalah penyebab sinusitis. Oleh karena itu apabila mimisan terjadi akibat infeksi sebagai diberikan penanganan oleh tenaga kesehatan.

Cara mengatasi mimisan

Kalau diatas sudah disebutkan beberapa penyebab mimisan. Maka, pada bagian ini kami akan memberikan solusi terhadap mimisan pada anak. Solusi yang kami berikan adalah pertolongan pertama apabila sedang terjadi mimisan pada anak. Cara mengatasi mimisan pada anak adalah sebagai berikut:

Gunakan es batu

Es batu berfungsi untuk menyempitkan pembuluh darah yang terbuka lebar. Artinya dengan memberikan es batu pada anak yang terkena mimisan akan mengurangi pendarahan. Caranya adalah dengan membungkus es batu dengan kain bersih kemudian menempelkan pada bagian hidung atau kening anak.

Posisi badan tegak

Pada saat anak mengalami mimisan jangan biarkan menunduk karena akan semakin mempermudah aliran darah untuk terus keluar. Meski tidak dianjurkan menunduk namun tidak pula disarankan untuk mendongakkan kepala ke atas. Biarkan anak duduk dengan posisi badan tegak, kemudian tutup lubang hidung anak anda dengan cara memijat-mijatnya sekitar dua sampai lima menit.

Gunakan daun sirih

Salah satu pengobatan tradisional yang terbukti selalu ampuh dalam mengobati berbagai penyakit adalah daun sirih. Cara penggunaan daun sirih cukup mudah. Pertama anda ambil daun sirih kemudian bersihkan daun sirih tersebut. Gulung daun sirih tersebut kemudian tutup lubang hidung menggunakan daun sirih yang sudah digulung. Sesuaikan besarnya gulungan dengan besarnya lubang hidung.

Kunjungi dokter

Sebagai bagian dari berkurangnya fungsi kesehatan pada anak maka konsultasi terbaik adalah ke tenaga kesehatan (dokter). Hal ini anda lakukan apabila menggunakan penanganan pertama di atas tidak berhasil atau anak anda sering sekali mengalami mimisan. Kalau mimisan sudah terjadi sering kali dan batas waktu yang relatif singkat maka kemungkinan ada indikasi penyakit lain yang sebaiknya anda tangani dengan baik.

Mimisan pada anak sering mendatangkan kekhawatiran pada orang tua. Bahkan ketika kejadian itu pertama kali terjadi maka akan menyebabkan kepanikan. Namun sebaiknya orang tua harus bisa menahan rasa panik apabila anaknya mimisan. Orang tua yang seharusnya memberikan pertolongan pertama tidak boleh terlihat panik karena akan berpengaruh pada anak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here