Perbandingan Aplikasi Blogging

WordPress.com (aplikasi blogging gratis, hosting di WordPress)

WordPress.com adalah software blogging gratis yang menyediakan opsi kustomasi terbatas dengan menggunakan template yang bisa didownload secara gratis. Cukup mudah dipelajari dan menawarkan fasilitas fitur otomatis, seperti plugin filter spam (akismet), ping otomatis dan banyak lagi.

Kekurangan dari WordPress adalah tidak mengijinkan pemilik blog memasang iklan dalam bentuk apapun. Jadi, monetisasi blog menggunakan WordPress gratisan melalui iklan, jelas bukan sebuah pilihan.

WordPress.org (aplikasi blogging berbayar, hosting pihak ketiga)

WordPress.org menyediakan aplikasi blogging gratis, tapi pengguna harus mengeluarkan uang untuk membayar hosting ke layanan hosting ke pihak ketiga.

Untuk blogger dengan kemampuan teknis cukup dan memerlukan kustomasi tingkat lanjut, Worpress.org merupakan pilihan yang bagus. Softwarenya sendiri sebenarnya sama dengan yang digunakan pada WordPress.com, namun pilihan kustomasinya yang luas, membuatnya sangat populer di kalangan blogger profesional, blogger bisnis dan banyak lagi.

Blogger

Blogger terkenal karena kemudahannya (saya sendiri memilih blogger karena kemudahannya ini). Banyak sekali blogger pemula memilih blogger sebagai platform blog mereka karena gratis, sangat mudah digunakan, juga dibolehkan dipasangi iklan untuk memonetisasi blog.

Namun jangan salah, bukan berarti Blogger hanya cocok untuk para blogger pemula, nyatanya tidak sedikit para blogger veteran tetap memilih Blogger sebagai aplikasi blogging mereka.

Jika Anda menginginkan aplikasi blogging yang gratis, sangat mudah digunakan dan berniat memasang iklan untuk monetisasi, Blogger adalah pilihan yang bagus.

TypePad

Typepad mudah sekali digunakan, namun tidak gratis. Meskipun tidak menggunakan hosting pihak ketiga, namun untuk menggunakan platform ini, Anda harus mengeluarkan sedikit modal.

Dengan kata lain, Typepad menyediakan fitur-fitur bagus dan pilihan kustomasi tingkat tinggi, tanpa harus menguasai pengetahuan teknis seperti yang diperlukan untuk menjalankan platform lainnya. Hal ini karena Typepad menyediakan dukungan teknis yang bagus kepada penggunanya. Jelas, karena Anda membayar mereka!

LiveJournal

Anda harus membayar biaya bulanan untuk menggunakan LiveJournal. Menyediakan opsi kustomasi dan fitur-fitur terbatas.

Tumblr

Dengan Tumblr Anda dengan sangat muda mempublikasikan image, kutipan, link, video, audio, chat ke TumbleBlog milik Anda.

Pengguna dapat dengan mudah membagikan dan mempublikasi ulang posting dari pengguna lain. Tumblr bisa digunakan secara gratis, namun tidak selengkap dan sekuat platform blogging lainnya.

Saran dari erudisi.com:

Untuk blogger yang mencari platform gratis yang bisa dipasangi iklan, mungkin Blogger adalah pilihan terbaik untuk Anda. Jika monetisasi blog bukanlah tujuan Anda, mungkin WordPress.com adalah pilihan yang lebih baik.

Untuk blogger yang menginginkan kustomasi penuh dan fitur-fitur lengkap (dan tidak masalah dengan biaya dan pengetahuan teknis), WordPress.org adalah pilihan terbaik.

Untuk blogger yang tidak memerlukan banyak fitur dan lebih menyukai kemudahan mempublikasikan gambar, catatan, dan video tanpa perlu repot, maka Tumblr adalah pilihan bagus.

Kesimpulan

Tentukan sejak awal apa tujuan Anda ngeblog untuk membantu Anda memilih platform yang paling cocok untuk Anda.

Salam.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here