Perbedaan Sablon Kaos dan Sablon Stiker yang Perlu Anda Ketahui

Secara kasat mata, sablon stiker dan sablon kaos akan nampak sama persis, mulai dari cara menyablon, membuat filmnya dan proses menyablonnya. Hal inilah yang menyebabkan sebagian orang salah sangka dan menganggap jika menyablon stiker dan menyablon kaos adalah dua hal yang sama.

Padahal itu salah, karena menyablon kaos dan menyablon stiker itu dua hal yang berbeda. Di bawah akan saya informasikan perbedaan cara menyablon kaos dan cara menyablon stiker. Mulai dari alat sampai proses penyablonannya.

Screen yang digunakan untuk menyablon kaos dan stiker itu berbeda. Screen yang digunakan untuk menyablon stiker itu lebih halus dan berpori sangat kecil, sehingga cat yang keluar ketika menempel pada stiker tidak meleber. Sedangkan screen yang digunakan untuk kaos agak sedikit berpori lebar sehingga cat sablon bisa masuk dan meresap ke dalam kain.

Basis cat untuk menyablon stiker dan kaos juga berbeda, cat yang digunakan untuk menyablon kaos berbasis air dan mudah untuk dicuci dengan air. Sedangkab cat yang digunakan untuk menyablon stiker berbasis minyak dan akan sulit dicuci dengan air.

Hal ini dimungkinkan agar gambar yang sudah menempel di stiker tidak hilang terkena air hujan dan akan kuat menempel di kertas stiker yang kita gunakan. Basis cat yang digunakan untuk menyablon stiker hampir sama dengan cat yang digunakan untuk menyablon plastik.

Cara menyablon stiker dan kaos memang relatif sama, akan tetapi ketika kita menyablon stiker maka kita hanya bisa melakukan sekali dan tidak boleh diulang-ulang lagi. Karena ketika geser sedikit saja tulisan atau gambar akan nampak meleber bahkan tidak bisa dibaca.

Berbeda ketika kita menyablon kaos, karena medianya adalah kain yang mudah menyerap cat yang sudah kita sablon. Maka ketika ada sedikit kekurangan warna, kita bisa menyablon ulang ketika kita belum melepaskan kaos pada alat dengan presisi yang kita gunakan.

Inilah beberapa perbedaan sablon kaos dan stiker yang bisa saya informasikan. Semoga kita tidak salah duga dan salah menggunakan cat sablon yang menjadikan sticker yang telah kita buat pudar bahkan luntur ketika terkena air.