Pertanyaan Dasar tentang PHP

Menjawab pertanyaan dasar tentang PHP

Apakah PHP bisa dijalankan di PC dan Mac?

Ya bisa! PHP biasanya dijalankan online, dan file PHP diunggah ke sana menggunakan komputer apapun. Atau, Anda juga bisa menginstall server PHP langsung di komputer, dan itu bisa menggunakan semua sistem operasi yang ada.

Apakah harus online untuk bekerja dengan PHP?

Bisa ya, bisa tidak. Anda tentu bisa mengerjakan atau membuat kode PHP secara off-line. Anda juga bisa mengujinya di localhost jika telah menginstall PHP di komputer. Namun jika Anda mau ‘dunia’ menggunakan program atau website yang Anda buat, tentu Anda harus menaruhnya di server online.

Apakah harus menggunakan MySQL untuk bekerja dengan PHP?

Tidak! PHP dan MySQL adalah dua hal berbeda dan berdiri sendiri, yang kebetulan memberi kemampuan sangat baik dan hebat jika bekerja bersama-sama.

Ketika Anda ingin menyimpan informasi yang didapat dari PHP, maka Anda perlu menyimpannya pada database MySQL, meskipun sebenarnya PHP juga bisa menyimpan data dalam format lain, dalam bentuk file misalnya. Namun, tetap performa dan kemampuan hebat didapat jika digabungkan dengan MySQL.

Bagaimana cara terbaik belajar PHP?

Beberapa orang belajar lebih baik dengan mengikuti tutorial secara otodidak. Sementara beberapa lainnya, lebih menyukai belajar formal tradisional di bangku kelas. Namun, jika Anda mencoba untuk belajar mandiri dengan mengikuti tutorial, maka Anda telah berada di tempat yang tepat, Anda bisa mulai dari belajar PHP bagi pemula.

Apakah hanya orang jenius di bidang komputer yang bisa belajar PHP?

Sama sekali tidak. Tutorial PHP di Erudisi, dibuat dengan asumsi Anda sama sekali baru mengenal PHP atau dunia programming umumnya.

Bisakah saya dapat pekerjaan dengan menguasai PHP?

Ya, tentu saja! PHP adalah bahasa yang paling banyak dipakai guna kebutuhan online. Jadi ada banyak sekali website, paling tidak, yang memanfaatkan beberapa kode PHP.

Untuk menjadi profesional, memang diperlukan pengetahuan lainnya, meski bukan suatu keharusan. Dan pengetahuan lain yang sangat baik disandingkan dengan PHP adalah HTML, CSS dan JavaScript. Tidak ada salahnya terus belajar bukan?

Apakah memahami PHP bisa membantu saya mengelola website WordPress?

Pada dasarnya Anda sama sekali tidak perlu pengetahuan programming apapun untuk menjalankan website menggunakan WordPress. Tapi, jika Anda ingin menambahkan fitur-fitur pada WordPress atau program lainnya yang berbasis PHP, maka ya, menguasai PHP akan banyak membantu.

Memang, ada banyak sekali program PHP yang bisa Anda install dari internet, tapi terkadang muncul error-error kecil saat memakainya. Nah, saat itulah pengetahuan PHP akan membantu banyak.

Jadi, kembali ke pertanyaan di atas: apakah menguasai PHP akan membantu dalam mengelola website WordPress? Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Tapi satu hal: bukankah mengetahui sesuatu selalu lebih baik dari tidak mengetahui?

Bisakah membuat email dengan PHP?

Anda bisa memanfaatkan PHP untuk berkomunikasi dengan server email Anda dan menulis program untuk membaca, menulis dan mengirimkan email. Atau jika Anda hanya ingin membuat formulir kontak di blog, Anda bisa melakukannya dengan melalui PHP.

Bisakah saya membangun aplikasi dengan PHP?

PHP bukanlah bahasa pemrograman murni untuk membangun aplikasi mandiri, seperti misalnya membuat aplikasi untuk Android atau IPhone. Dengan PHP Anda bisa membuat website yang berinteraksi sebagai aplikasi web online.

Ok, lalu apa sih sebenarnya PHP itu?

PHP adalah sebuah bahasa yang biasanya digunakan untuk membuat website mampu ‘melakukan sesuatu’. Sementara Anda bisa membuat web tampil cantik dengan HTML sendirian, namun jika ingin web Anda mampu berinteraksi dengan pengguna, maka Anda butuh PHP.

Mulai dari hal simpel seperti menambahkan tanggal hari ini, atau pun sebuah halaman kontak, sampai yang cukup rumit dan lebih kompleks seperti forum, blog atau interaksi database. Semua bisa dilakukan oleh PHP.

PHP sendirian, akan memberi tampilan web yang membosankan, karena itu Anda masih perlu HTML untuk mempercantiknya. Namun, HTML sendirian hanya mampu membuat halaman web statis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here