Pop Filter: Penting untuk Take Vokal

Pop filter bisa membuat orang yang datang ke studio Anda merasa yakin bahwa Anda serius membuat studio rekaman.

Selain membuat penampilan studio terlihat profesional, alat ini juga memiliki kegunaan yang penting.

Ini sebenarnya adalah sebuah penghalang (biasanya berbentuk bulat) yang diletakkan persis di depan mikrofon untuk menangkal suara-suara ‘plosif’ pada saat mengambil rekaman vokal.

Apa yang dimaksud dengan suara plosif?

Huruf-huruf p, b, k, t dan f dapat menghasilkan ‘tiupan’ angin yang keras saat Anda ucapkan. Angin keras tadi kemudian menabrak membran mic yang akhirnya menghasilkan suara pop, atau semacam ledakan kecil tertangkap oleh mikrofon, khususnya bila Anda menggunakan mic condenser yang sangat peka.

Nah, untuk menghindari suara seperti, pop filters memegang peranan. Dari sisi kebersihan, pop filter juga berguna untuk menjaga kebersihan mic, sehingga menjadi lebih awet.

Pop filter yang berkualitas biasanya terbuat dari jaring logam, sementara yang lebih murah biasanya terbuat dari jaring nilon yang berguna menangkal hembusan suara plosif. Anda tidak perlu terlalu memaksakan untuk memperoleh pop filters mahal, karena pada dasarnya sama saja antara kedua jenis pop filter tersebut.

Meskipun perangkat yang lebih mahal, akan lebih awet, tidak mudah rusak serta dapat diposisikan dengan baik pada stand mic.

Kesimpulannya, jika Anda memiliki budget lebih, dapatkan yang berkualitas baik. Jika tidak pop filter dengan jaring nilon pun sudah mencukupi kebutuhan Anda. Yang pasti alat ini wajib ada untuk mendapatkan track vokal yang sempurna.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here