Psikologi Perkembangan dan Area Kajiannya

Pada kesempatan sebelumnya kami telah membahas tentang pengertian psikologi dan pembagiannya. Melanjutkan pembahasan tersebut maka pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang pembagian psikologi khusus yang pertama yaitu psikologi perkembangan.

Pengertian psikologi perkembangan

Psikologi perkembangan adalah cabang dari ilmu psikologi yang khusus membahas tentang perkembangan manusia dari aspek kejiwaan mulai saat manusia dilahirkan sampai meninggal dunia. Untuk lebih memahami psikologi perkembangan ada baiknya untuk mengetahui area kajian dari psikologi perkembangan itu sendiri.

Area kajian psikologi perkembangan

Sebagai cabang ilmu psikologi yang mengkaji aspek kejiwaan manusia dari lahir sampai meninggal dunia maka psikologi perkembangan mempunyai area kajian yang cukup luas. Untuk lebih jelasnya area kajian psikologi perkembangan adalah sebagai berikut:

1. Berdasarkan usia

Tahapan perkembangan manusia dibagi menjadi tujuh bagian. Berikut adalah area kajian psikologi perkembangan berdasarkan usia manusia:

a. Usia 0-3 tahun (Bayi)

b. Usia 4-6 tahun (balita)

c. Usia 7-12 (Anak)

d. Usia 13-18 tahun (Remaja)

e. Usia 19-39 tahun (Dewasa awal)

f. Usia 40-60 tahun (Dewasa tengah)

g. Usia 61 tahun ke atas (Dewasa Akhir)

Berdasarkan batasan usia tersebut di atas maka perkembangan manusia dari segi produktivitas dapat dibagi menjadi tiga yaitu, kategori bayi dan balita masuk dalam kategori tidak produktif; kategori anak, dewasa awal, dan dewasa tengah masuk dalam kategori produktif; sedangkan untuk kategori dewasa akhir masuk dalam kategori tidak produktif.

2. Berdasarkan topik

Berdasarkan topik kajiannya maka psikologi perkembangan mengkaji enam topik yang sangat erat kaitannya dengan kondisi kejiwaan manusia:

a. Kognisi atau kemampuan berpikir manusia

b. Moral atau kemampuan menilai hal yang baik dan buruk

c. Bahasa atau kemampuan berkomunikasi secara verbal

d. Gerakan motorik atau perilaku gerakan manusia dalam bertingkah laku

e. Identitas diri atau kemampuan mengenali diri dan mengembangkan rasa percaya diri

f. Sosial atau kemampuan bersosialisasi dalam lingkungannya

Luasnya kajian psikologi perkembangan membuatnya dapat diterapkan dalam berbagi hal. Terapan ilmu psikologi perkembangan dapat ditemukan dalam bidang pendidikan dan pengasuhan, organisasi dan industri, penanganan remaja, pengoptimalan hidup dewasa sampai tua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here