Anda Punya Ide Menulis Tapi Tidak Bisa Dituangkan? Mungkin Tips ini Bisa Membantu

Permasalahan yang dialami oleh seorang penulis yang pertama adalah tidak memiliki ide untuk dituliskan. Tetapi yang kedua adalah permasalahan yang jarang terjadi dan biasanya hanya dialami oleh seorang penulis yang sudah lama menekuni dunia tulis-menulis.

Karena seorang penulis yang telah terbiasa menulis dia akan membuat susunan daftar ide dan juga kerangka penulisan yang akan dia tulis. Akan tetapi terkadang hal ini tidak menolong jika suasana batin, hati dan pikiran tidak menyatu.

Hal inilah yang menyebabkan ide kita tidak bisa dituangkan ke dalam tulisan. Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar ide Anda mengalir seperti hujan ketika menulis.

1. Keluarlah dari ruangan

Jika anda terbiasa menulis di dalam ruangan tertutup di rumah, di kamar, ataupun di kantor, ini bisa menyebabkan Anda jenuh sehingga ide Anda akan tersendat dan tidak bisa Anda tuangkan ke dalam tulisan.

Oleh karena itu, Anda bisa menyiasatinya dengan menulis di luar ruangan. Tidak perlu jauh-jauh cukup di teras rumah, di taman belakang rumah dan tempat-tempat lainnya yang berada di luar ruangan. Karena hal ini akan membuat anda lebih fresh saat akan menulis.

2. Kenali siapa diri Anda

Penulis biasanya memiliki dua tipe. Tipe yang pertama adalah seorang penulis yang hanya bisa menulis ketika sendirian dan tidak boleh ada orang lain yang melihatnya. Sedangkan tipe yang kedua adalah seorang penulis yang bisa menulis di manapun ia berada, baik di tempat keramaian maupun ketika sendirian. Bahkan tipe penulis ini terkadang mengajak diskusi kawan yang ada di sekelilingnya.

Karena itu, kenalilah diri anda. Apakah tipe yang pertama atau yang kedua. Jika anda adalah penulis dengan tipe yang pertama maka jauhilah keramaian dan orang-orang. Tapi jika anda adalah tipe yang kedua maka anda bisa menulis di area yang banyak orang yang bisa anda ajak untuk berdiskusi.

3. Temukan tempat favorit

Sekarang coba anda bayangkan, anda membawa laptop dan pada saat ini anda sedang duduk di tepi pantai. Dengan pasir putih, dinaungi pohon kelapa. Di situ Anda santai kemudian Anda menulis.

Coba anda bayangkan saat ini anda sedang berada di daerah kebun teh yang hijau. Anda duduk di bawah pohon besar dan rindang. Anda duduk sambil bersandar di bawah pohon dan membawa laptop di situlah Anda menulis.

Coba anda bayangkan sedang berada di cafe classic ,dengan tema romantik diiringi alunan musik melankolis. Di situ Anda duduk santai dengan membawa laptop. Bayangkan Anda menulis novel romantik anda di situ.

Kira-kira tempat manakah yang paling Anda sukai untuk menulis?

Dengan mengenali diri Anda, kemudian Anda berada di luar ruangan dan telah telah memilih tempat yang paling sesuai dengan diri Anda. Saya yakin akan membuat Anda lebih mudah untuk menyalurkan ide yang ada di kepala ke dalam bentuk tulisan.

Karena biasanya ketika kita fokus menulis kemudian ada sesuatu yang mengganggu, baik itu suasana maupun lingkungan, akan mengganggu alur tulisan yang kita buat. Oleh karena itu saya rasa tiga hal di atas bisa Anda coba saat mengalami kesulitan untuk menulis.