Cara dan bacaan sujud tilawah
Ilustrasi sujud (Foto: Freepik)

Rahasia Menjadi Kuat Hadapi Ujian

ERUDISI.com – Rahasia menjadi kuat. Tentu saja dalam ajaran Islam sangat ditekankan umatnya kuat aqidahnya. Dalam Al-Qur'an dan Sunnah banyak sekali untuk kita menghadapi setiap ujian yang diberikan oleh Allah Taala.

Bagaimana para nabi dan rasul yang diutus oleh Allah menghadapi kaumnya yang luar biasa pembangkangannya bisa jadi pelajaran buat kita.

Masya Allah dalam ajaran agama Islam, resep seseorang menjadi kuat hanyalah dengan bertakwa kepada Allah Subhanallahu wa Taala.

Sebagaimana Allah berfirman,

وَتَوَكَّلْ عَلَى الْعَزِيزِ الرَّحِيمِ

Bertawakallah kepada (Allah) Yang Mahaperkasa lagi Maha Penyayang. (asy-Syu'ara : 217)

Dalam buku yang ditulis oleh Muhammad al-Hamd, ‘Min Mawa'izh Sufyan ats-Tsauriy' berjudul Arsif Multaqa Ahli al-Hadits-5- Bab 6 halaman 84 menuliskan bagaimana Sufyan ats-Tsauriy rahimahullah mengatakan,

Ridhalah engkau dengan apa (rizki) yang Allah Taala bagikan, niscaya engkau menjadi orang kaya. Dan, bertawakallah engkau kepada Allah Subhanallahu wa Taala , niscaya menjadi orang yang kuat.

Jelaslah dari penjelasan Sufyan ats-Tsaury mengenai yaitu

1. Ridha Terhadap Apa (Rizki) Yang  Allah Bagikan

Makna “ridha kepada Allah Ta'ala sebagai Rabb” adalah ridha kepada segala perintah dan larangan-Nya, kepada ketentuan dan pilihan-Nya, serta kepada apa yang diberikan dan dicegah-Nya. Inilah syarat untuk mencapai tingkatan ridha kepada-Nya sebagai Rabb secara utuh dan sepenuhnya.
Lihat kitab “Fiqhul asma-il husna” (hal. 81).

2. Rahasia Menjadi Kuat: Bertakwalah Engkau kepada Allah

Begitu juga banyak sekali ayat Alquran yang bicara tentang takwa.

{ وَأَنْ لَوِ اسْتَقَامُوا عَلَى الطَّرِيقَةِ لَأَسْقَيْنَاهُمْ مَاءً غَدَقًا  { لِنَفْتِنَهُمْ فِيهِ

Dan bahwasanya: jikalau mereka tetap berjalan lurus di atas jalan itu (agama Islam), benar-benar Kami akan memberi minum kepada mereka air yang segar (rezki yang banyak). Untuk Kami beri cobaan kepada mereka padanya.” (QS. Al Jin: 16-17)

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَلَكِنْ كَذَّبُوا فَأَخَذْنَاهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.” (QS. Al A'rof: 96)

Banyak lagi kalau kita perhatikan. Jadi perlu kita ingat ada dua resep menjadi kuat. Pertama Ridha kepada Allah dan bertakwa.

Demikian semoga bisa jadi motivasi kita untuk selalu melakukan yang terbaik sebagai hamba. Dalam segala ujian yang diberikan Allah.

Terima kasih telah membaca artikel Erudisi. Jangan lupa share ya agar banyak yang tahu []

Check Also

cara menyikapi masalah

Cara Menyikapi Masalah yang Datang Tiba-tiba

Setiap orang tentunya pasti memiliki masalah bukan? Mungkin tidak hanya saya, namun para pembaca sekalian tentunya …