Awal Ramadhan 2023
Source image: Getty Images/istockphoto/Creative Family

Ramadhan Hitung Mundur, Ini 5 Persiapan Wajib Check

ERUDISI.com sudah mulai hitung mundur. Sudah sampai mana nih persiapan menyambutnya? Yup sudah mulai hitung mundur yuk mulai berbenah diri agar saat kita sampai di bulannya bisa mengerjakan secara maksimal.

Ramadhan 2023 Hitung Mundur

Seperti kita ketahui Ramadan adalah bulan ketujuh dalam kalender Hijriyah. Dimana pada bulan ini, kita Allah perintahkan untuk menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Ibadah ini semata-mata hanya mengharap pahala dari Allah.

Meski hingga saat ini pemerintah Indonesia belum mengumumkan kapan awal puasa 2023 karena harus melalui sidang isbat sehari sebelum pergantian bulan.

Tetapi merujuk pada Kalender Hijriyah 1440 H yang diterbitkan oleh Kementerian Agama RI maka 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 22-23 Maret. Artinya Ramadhan 63 hari (per Kamis, 19 Januari) lagi dan akan terus menuju angka terdekat.

Hal Yang Perlu Segera Persiapkan Sambut Ramadan

1. Membayar Hutang Puasa Qadha

Penting sekali nih bagi para perempuan yang masih memiliki hutang puasa tahun lalu. Segera menyicil membayar hutang puasa karena haid, nifas, sakit atau  safar.
Allah berfirman,

وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.” (QS. Al Baqarah: 185)

Begitu juga bagi wanita haidh dan nifas juga wajib membayar hutang puasa sebagaimana hadits dari ‘Aisyah, beliau mengatakan,

كَانَ يُصِيبُنَا ذَلِكَ فَنُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّوْمِ وَلاَ نُؤْمَرُ بِقَضَاءِ الصَّلاَةِ.

Kami dulu mengalami haidh. Kami diperintahkan untuk mengqodho puasa dan kami tidak diperintahkan untuk mengqodho' .” (HR. Muslim no 335)

Awal Ramadhan 2023
Source image: Getty Images/istockphoto/Creative Family

2. Siapkan Jasmani dan Rohani Kita

Berpuasa memerlukan fisik yang kuat dan kesiapan iman yang maksimal. Mulai menjaga kesehatan diri dengan sering berolahraga, konsumsi makanan sehat, tidur yang cukup.

Begitu juga, kita mesti mempersiapkan rohani kita untuk menyambut Ramadan. Hal paling utama adalah setelah kita tahu Ramadhan 2023 beberapa hari lagi, maka selanjutnya kita persiapkan diri dengan belajar mengenai puasa.

Murajaah lagi mengenai Bab Puasa baik melalui buku, kajian di YouTube atau kajian offline . Hal ini akan menambah semangat kita nantinya.

3. Hitung Mundur Ramadan Saatnya Siapkan Persediaan Makanan

Hal paling penting juga untuk kita persiapkan adalah persediaan makanan selama Ramadan. Usahakan rencanakan menu-menu tersebut jauh-jauh hari, agar ibadah kita maksimal.
Jangan sampai hanya karena masalah makanan, banyak amalan-amalan Ramadan yang akhirnya tidak bisa kita amalkan.

Misalnya kita bisa membaca Alquran 1 juz saat sore hari, karena harus menyiapkan makanan jadi hanya 1/2 juz. Sayang sekali kan. Solusinya bisa menerapkan Food Preparation ya.

4. Rencana Itikaf

Salah satu hal paling kita rindu saat Ramadan adalah itikaf terutama di 10 terakhir. Saat ini sudah banyak masjid yang memfasilitasi jamaah melaksanakan itikaf.
Kita bisa bergabung dengan masjid yang menurut kita bagus.

Apalagi kalau kita ingin itikaf di Masjidil Haram atau Nabawi tentu dari sekarang kita sudah mulai merencanakan. Cuti kerja misalnya, persiapan biaya dan lain-lain.

5. Mudik

Nah, biasanya ini poin penting bagi para perantau merencanakan pulang kampung bertemu sanak saudara. Jauh-jauh hari sudah kita rencanakan. Agar Ramadan kita tidak terganggu dengan persiapan mudik .

Jadi setidaknya inilah informasi terkait Ramadhan 2023 berapa hari lagi dan juga persiapan kita menyambutnya. Hitung Mundur Ramadan semakin dekat menuju waktunya saatnya mulai bersiap agar kita mendapatkan keberkahan di Bulan Mubarok tersebut.

Terima kasih telah membaca artikel Erudisi. Semoga selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari. Jangan lupa share ya agar banyak yang bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini. []

,

Check Also

lebaran

Kenapa Kriminalitas Meningkat Menjelang Lebaran?

Di bulan Ramadhan angka kriminalitas relatif menurun namun menjelang hari raya Idul Fitri, angka kriminalitas …