Remaja Jadi Pendiam, Bagaimana Mengatasinya?

Masa remaja adalah masa emas dalam fase kehidupan. Waktu terbaik untuk membangun kreatifitas dan mengenal hal-hal baru. Intinya adalah masa remaja adalah masa yang penuh dengan hiruk pikuk kehidupan.

Sudah seharusnya seorang remaja mengisi hari-harinya dengan keceriaan. Tetapi bagaimana ketika seorang remaja jadi pendiam? Apa yang harus dilakukan orang tua terhadap persoalan tersebut?

Pendiam sebenarnya merupakan salah satu karakter manusia, dalam istilah psikologi disebut introversion (Istilah ini diperkenalkan oleh Karl Gustav Jung). Namun ketika terjadi perubahan sikap yang sebelumnya periang dan tiba-tiba menjadi pendiam dan hal itu dialami oleh remaja maka tentu ada masalah. Untuk menyelesaikan masalah tersebut orang tua harus melakukan hal-hal berikut:

  • Cari tahu penyebabnya

Sebagai orang yang bertanggung jawab terhadap masa depan putra putrinya orang tua harus mencari tahu apa yang menyebabkan seorang remaja jadi pendiam. Untuk mencari tahu orang tua bisa menanyakan secara langsung kepada anaknya, menanyakan kepada teman pergaulannya dan menyelidiki tempat bergaulnya selama ini.

  • Konsultasi Dengan Psikiater

Apabila orang tua gagal mendapatkan informasi tentang penyebab anaknya yang tiba-tiba menjadi pendiam. Sebaiknnya orang tua melakukan konsultasi kepada psikiater tentang gejala tersebut karena gejala ini adalah gejala psikologis. Saran kami konsultasi pada beberapa psikiater agar mendapatkan perbandingan pengetahuan tentang gejala tersebut.

  • Terapkan saran psikiater

Setelah melakukan konsultasi pada beberapa orang psikiater orang tua harusnya sudah bisa mengambil langkah yang harus ditempuh. Pada kondisi yang sama mungkin akan ada perbedaan pendapat dari psikiater yang anda temui namun akan lebih banyak yang sama. Terapkanlah langkah-langkah yang disarankan oleh psikiater yang paling banyak kesamaan.

Sebenarnya remaja jadi pendiam pada kasus tertentu bukanlah sebuah persoalan. Apabila penyebabnya adalah hasil belajar dari remaja tersebut. Artinya bahwa keinginan untuk berubah itu adalah usaha sadar yang dilakukan dan bukan karena paksaan dari sebuah kondisi tertentu yang sedang dihadapinnya.

Sebagaimana kami jelaskan diatas bahwa pendiam sebenarnya salah satu karakter manusia dengan ciri-ciri umum sebagai berikut:

  1. Senang menyendiri
  2. Senang mendengarkan
  3. Lebih suka berpikir dibanding bertindak
  4. Menyukai ketenangan
  5. Membuka diri hanya kepada orang-orang terdekat
  6. Memiliki sedikit teman
  7. Lebih sulit didekati
  8. senang bekerja sendiri

Dari kedelapan hal diatas sebagai orang tua tentu dapat memahami apakah anaknya sedang mengalami tekanan psikologis sehingga terjadi perubahan atau memang sudah menemukan jati dirinya yang sesungguhnya (hasil dari proses belajar).

Intinya adalah apabila anak anda jadi pendiam jadilah orang yang tepat dalam membangun komunikasi. Anak yang pendiam sangat membutuhkan rasa nyaman, ketenangan, dan juga orang yang tepat untuk berbagi cerita. Sudah bisa dipastikan bahwa orang yang tepat tersebut adalah orang tua (Biasanya ibu).

Gunakan bahasa yang paling bijak dalam memberikan tanggapan apabila anak anda mulai menceritakan sesuatu tentang penyebabnya. Kontrol emosi anda dengan baik karena kemungkinan anda akan mendapatkan informasi yang tidak anda sukai. Berikan jaminan pada anak anda bahwa tidak ada yang akan membuatnya sakit apapun yang akan dia sampaikan. Artinya bahwa orang tua harus lebih siap menerima apapun alasan anaknya menjadi pendiam.

Remaja sudah menanggung beban berat akibat tekanan psikologis sehingga membuatnya harus berdiam diri dan membatasi dirinya dari dunia luar. Oleh sebab itu orang tua harus memberikan proteksi agar anaknya merasa aman dan bisa mengembalikan kepercayaan dirinya secara perlahan. Bagaimanapun juga anak adalah amanah yang harus dijaga dan dilindungi serta dijamin masa depannya oleh orang tua.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here