Remaja Mulai Berbohong, Cari Tahu Penyebabnya

Mengenal hal baru, mencari jati diri dan mengaktualisasikan diri adalah bagian dari proses perkembangan yang akan dilewati seorang remaja. Keinginan keras dan cara berpikir yang masih labil kadang menjadi masalah, karena tidak semua keinginannya belum tentu bisa dipenuhi. Masalah ini mungkin bisa diredam atau malah jadi bisa menjadi masalah serius. Ketika masalah tersebut tidak terselesaikan hasilnya adalah remaja mulai berbohong.

Perbuahan pola hidup pada remaja memang wajar karena usia remaja memang puncak dari segala bentuk perubahan yang nantinya akan disesuaikan saat dewasa. Namun anda harus mengenali tingkah laku, cara berbicara, tatapan mata dan juga bahasa tubuh lain yang bisa menandakan bahwa remaja anda mulai berbohong. Kalau anda sudah melihat tanda-tanda kebohongan maka segeralah cari tahu penyebabnya.

Untuk mencari tahu penyebab kebohongan remaja kami ingin berbagi hal-hal yang harus anda perhatikan. Berikut ini adalah bagian penting yang harus anda perhatikan dalam mencari tahu penyebab kebohongan remaja anda.

  • Kondisi Rumah Tangga

Seorang anak yang masuk dalam usia remaja sangat peka terhadap kondisi rumah tangga. Oleh karena itu apabila rumah tangga sedang ada masalah maka bisa dipastikan bahwa penyebab kebohongan itu adalah karena permasalahan rumah tangga. Seorang remaja mulai berbohong karena tidak ingin menambah masalah di dalam rumah.

  • Tempat Bergaul

Kalau anda merasa bahwa kondisi rumah tangga anda baik-baik saja maka sebaiknya anda memberikan perhatian pada tempat bergaul remaja anda. Anda sebaiknya mencari tahu dimana saja anak remaja anda bergaul. Remaja mulai berbohong juga bisa jadi karena pergaulannya tidak ingin dibatasi.

  • Teman Bergaul

Secara teori usia remaja sebenarnya sudah bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk. Namun ketika sudah masuk pada tempat bergaul yang salah maka dia pun akan bergaul dengan orang yang salah. Agar tidak diketahui siapa saja teman pergaulannya maka disitu lah remaja mulai berbohong.

  • Waktu Bergaul

Waktu bergaul juga sangat penting anda perhatikan. Kapan anak remaja anda pergi dan kapan pulangnya harus anda monitor dengan baik. Ketika anak anda mulai sering pulang larut maka sudah seharusnya anda menanyakan aktivitasnya di luar sana. Tapi ada harus bersiap, karena bisa jadi jawaban yang diberikan bukanlah yang sebenarnya karena waktu bergaul yang diluar batas juga merupakan salah satu penyebab remaja mulai berbohong.

Cepat atau lambat orang tua akan menemukan kebohongan anaknya yang ditimbulkan oleh salah satu penyebab di atas. Dalam upaya parenting orang tua yang bijak akan selalu punya cara untuk menyampaikan dan menyikapi hasil temuannya tersebut. Namun sebaiknya jangan terlalu cepat memberikan sanksi tapi terlebih dahulu memberikan arahan dan pengertian.

Seorang remaja akan lebih respect ketika didekati dengan cara yang lembut, karena mereka lebih butuh teman yang memperhatikan daripada seorang guru yang mengajari. Jadilah orang tua yang bisa berperan sebagai teman dan tanamkan nilai-nilai kebaikan. Dengarkan semua keinginannya dan penuhi apa yang seharusnya anda penuhi dan tolak dengan cara yang baik apa yang seharusnya belum pantas dia miliki, maka remaja anda pun tak perlu melakukan kebohongan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here