Resep dan Cara Membuat Molen Mini

Molen adalah salah satu jajanan yang sudah ada sejak lama di Indonesia. Molen juga banyak disukai oleh orang dan sangat cocok dinikmati saat santai bersama keluarga.

Jika awal mula munculnya jajanan molen identik dengan isi pisang, kini terdapat banyak varian rasa. Varian rasa tersebut diantaranya adalah rasa cokelat, keju, kacang hijau ataupun beragam rasa buah seperti nanas dan stroberi.

Berbagai rasa itu bisa kita nikmati pada Molen Mini. Saat ini muncul camilan molen mini , tidak hanya orang dewasa tapi anak-anak juga pasti menyukai camilan yang memiliki rasa manis dan gurih ini. Terlebih bunyi kriuk saat memakannya menambah sensasi tersendiri dan membuat selera makan bertambah.

Bahan yang digunakan untuk membuat molen mini tidak jauh berbeda dengan bahan membuat molen pada umumnya. Hanya saja cara membuatnya yang sedikit berbeda yakni kita harus membuat dengan ukuran kecil, selain itu molen mini tidak perlu menggulung berulang kali hingga membentuk lapisan seperti pada molen biasanya.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi resep dan cara membuat molen mini aneka rasa yang super praktis. Selengkapnya simak tutorial dibawah ini:

Bahan yang harus disiapkan :

  • 250 gram tepung terigu protein tinggi
  • 75 gram margarin kualitas bagus (lelehkan)
  • 75 gram gula halus atau sesuai selera
  • 1 sdt garam
  • 1 butir telur ayam ukuran sedang
  • Air hangat secukupnya
  • 1 buah pisang raja potong kecil (jika tidak ada bisa mengganti dengan pisang uli, pisang kepok kuning atau jenis pisang lainnya)
  • 25 gram cokelat batang (potong kecil-kecil)
  • 25 gram keju (parut)
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Cara membuat molen mini:

  1. Buat adonan terlebih dahulu dengan mencampurkan tepung terigu, gula halus, garam, telur, margarin ke dalam satu wadah lalu aduk. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit lalu uleni hingga kalis.
  2. Jika adona sudah kalis, pipihkan adonan mengunnakan alat penggiling untuk molen . Jika tidak punya alatnya bisa memipihkan adonan menggunakan botol kaca yang sudah tidak terpakai.
  3. Setelah adonan sudah pipih taruh pisang / cokelat / keju yang sudah dipotong lalu gulng dua kali dan potong adonan. Lalukan terus hingga adonan habis.
  4. Jika sudah selesai panaskan minyak (sebaiknya gunakan minyak agak banyak agar molen ini matang merata).
  5. Goreng molen mini yang sudah dibentuk, jangan lupa bolak-balik agar tidak gosong sebelah. Jika sudah matang angkat dan tiriskan.

Molen mini sudah jadi dan siap untuk dinikmati. Mudah bukan cara membuat camilan yang sehat untuk keluarga. Tidak ada salahnya Anda mencoba membuatnya karena bahan-bahannya mudah didapat dan cara membuatnya mudah banget. Happy cooking.

BAGIKAN