Ciri khas nasi goreng khas bali
Foto dan resep milik akun Instagram @luis_widarto

Resep Nasi Goreng Khas Bali, Recommended dan Wajib Coba

ERUDISI.com – Ayo siapa yang sudah pernah tahu nasi goreng Bali? khas Pulau Dewata ini terkenal kaya rempah dan sangat kuat rasanya. Penasaran dengan resep dan cita rasa dari menu satu ini? Yuk kita bahas.

Ide sarapan pagi ini rekomendasi dari Food Blogger Luis Widarto di akun Instagramnya @luis_widarto. Dia membagikan secara lengkap dari mulai bahan, cara membuat hingga penyajian.

Ciri Khas Nasi Goreng Bali

Ciri dari nasi pulau Dewata ini berbeda dengan resep pada umumnya. Ada bumbu lengkuas dan kencur yang membedakannya. Aroma kencur memang sangat bagus sebagai penambah selera. Sementara lengkuas juga menambah rasanya semakin sedap.

Dua rempah ini sering kita jadikan pilihan aneka makanan khas Indonesia dan kali ini termasuk resep khas Bali ini. Apalagi tambahan terasi membuatnya makin bercita rasa Indonesia.

Tak hanya itu nasi berwarna kuning ini juga dilengkapi dengan matah dan . Auto nambah terus sampai kenyang nih. Tak hanya untuk sarapan, menu ini juga
bisa kita sajikan saat kumpul keluarga, arisan atau menu berbagi.

Ini ala Luis Widarto

Bahan-Bahan:

2 piring nasi putih
1 butir telur, kocok lepas
4 lembar kubis, potong kasar
1 batang daun bawang potong kasar
100 gr , iris-iris
50 gr udang kupas
1 sdm saos tiram
1 /2 sdt merica bubuk
Garam dan kaldu bubuk secukupnya
Minyak untuk menumis

Pelengkap Resep Nasi Goreng Bali:

Sambal mentah
Kacang goreng
Irisan mentimun

Bumbu Halus:

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 butir kemiri
2 iris tipis lengkuas
10 buah cabe rawit
2 cm kencur
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt terasi

Cara Membuat Nasi Goreng Bali

1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, sisihkan dipinggir wajan, masukkan telur, buat orak arik.

2.Setelah itu masukkan udang dan daging ayam, aduk rata sampai berubah warna.

3..Masukkan nasi putih, merica bubuk, saos tiram, garam dan bubuk kaldu. Kemudian aduk rata. Pastikan sudah tercampur merata.

4. Terakhir masukkan kubis dan daun bawang, aduk rata sampai kubis layu  Cicipi rasa, angkat.

5. Sajikan nasi goreng dengan sate lilit, sambal Matah, kerupuk dan pelengkap lainnya sesuai selera.

Sajian kuliner khas Pulau Dewata siap kita sajikan untuk keluarga tercinta. Sangat mudah sekali membuatnya dan dijamin cepat saji. Untuk kencur, lengkuas dan terasi jangan skip ya, karena ciri khas sajian ini ada pada bumbu rempah tersebut.

Sementara itu untuk membuat sate lilit bisa menggunakan daging ayam atau ikan yang dihaluskan. Tambahkan kelapa parut, gula, garam, kaldu bubuk. Ciri khas sate lilit adalah batang sereh.

Bumbu halus sate lilit juga kaya rempah dari mulai bawang putih, kemiri, daun jeruk, kencur, cabe merah, cabe rawit dan kunyit bubut. Bahan dan bumbu halus kita campur kemudian adonannya kita lilitkan pada batang sereh.  Siap kita panggang menggunakan teflon atau microwave.

Auto sehat tanpa minyak dan enak sekali ditemani sambal , saos sambal, saos tomat, mayonaises atau sambal matah.  Menu ini memang wajib kita coba beserta pelengkapnya ya. Recommended dan cara membuatnya juga sangat mudah.

Itulah resep nasi goreng khas Bali ala Luis Widarto berserta sate lilit dan pelengkap lainnya. Selamat mencoba dan semoga menginspirasi.

Jangan lupa share artikel ini kepada orang-orang tercinta. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. Terima kasih.

 

Check Also

2 Resep Bumbu Sate Ayam yang Wajib Anda Coba Dirumah

2 Resep Bumbu Sate Ayam yang Wajib Anda Coba Dirumah

Indonesia selain kaya dengan pesona keindahan alam, ternyata juga kaya akan kulinernya. Salah satu makanan …