Sarapan pagi Anak

Resep Pancake Oatmeal Pisang, Ide Sarapan Sehat di Pagi Hari

ERUDISI.com Oatmeal Pisang ini bisa kita jadikan referensi sajian sehat pagi hari untuk keluarga tercinta lho. Pancake ini menggunakan bahan yang sangat baik untuk tubuh diantaranya pisang, oatmeal, tepung gandum, telur, susu dan kayu manis sebagai aroma rasa.

Pancake Oatmeal Pisang, Kaya Karbohidrat dan Protein

Olahan ini mengandung karbohidrat kompleks dan protein yang seimbang lho. Pisang mengandung potasium dan serat yang baik untuk tubuh. Begitu juga dengan telur yang kaya lemak dan protein.
Tepung gandum utuh juga memiliki serat dan biji-bijian utuh, sehingga menghasilkan pancake yang empuk jika dipadukan dengan bahan lainnya.

Oatmeal juga merupakan bahan kaya serat ekstra dan biji-bijian utuh yang bagus untuk pencernaan. Kayu manis juga memberikan aroma wangi dan menambah selera.

Bahan-Bahan Pancake ini mengandung karbohidrat kompleks yang membuat energi bertahan lebih lama dan termasuk makanan sehat dan mengenyangkan.

Bahan Membuat Pancake Oatmeal Pisang:

  • 2 pisang sedang yang sangat matang (sekitar 2 cangkir diiris)
  • 1 1/2 cangkir tepung gandum utuh
  • 1/2 cangkir gandum gulung
  • 1 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh kayu manis
  • 3 telur
  • 1 cangkir susu (susu atau nondairy)
  • 1 sendok teh ekstrak vanila
  • 2 sendok makan mentega

Membuat Pancake Oatmeal Pisang:

  1. Hancurkan pisang sampai sangat halus
  2. Tambahkan sisa bahan kering ke dalam mangkuk.
  3. Tambahkan sisa bahan basah ke dalam mangkuk.
  4. Aduk bersama dengan lembut, tetapi menyeluruh.
  5. Tuangkan ¼ cangkir penuh adonan ke dalam wajan hangat dan masak sampai melihat gelembung terbentuk di sekitar tepinya.
  6. Balik dan masak selama beberapa menit tambahan. Sajikan hangat untuk buah hati tercinta.

Selain itu pancake ini juga bisa menggunakan bahan gluten free, tepung gandum bisa kita ganti dengan tepung bebas gula. Begitu juga bagi yang tidak ingin menggunakan telur bisa menggantinya dengan tambahan 1/4 cangkir susu.

Pancake ini juga bisa kita simpan di freezer dan bisa kita sajikan kapanpun.Pancake bisa bertahan selama 3 bulan. Cukup keluarkan hingga suhu ruangan dan panaskan di microwave selama 5 menit. Sajikan dengan aneka topping seperti sirup maple, yogurt, coklat, madu dan lainnya.

Cara menyimpannya juga cukup mudah, jika akan kita makan esok hari maka cukup kita simpan dalam wadah kedap udara saja. Tapi jika akan kita sajikan dalam waktu lama. Maka simpanlah pancake dalam ziplock per porsi masak dalam freezer.

Sangat mudah bukan membuat Pancake Oatmeal Pisang ini. Selain pisang juga bisa kita kreasikan dengan bahan lainnya yang seperti keju. Selamat mencoba dan semoga menginspirasi.

Terimakasih telah membaca artikel kami dan selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. []

 

Check Also

Resep nasi tim ayam MPASI

Resep Nasi Tim Ayam Enak, Sehat dan Bergizi

ERUDISI.com – Nasi tim ayam bisa jadi referensi menu sajian pagi keluarga lho. Menu ini …