Ruang Lingkup Menejemen Pendidikan

Manajemen pendidikan memiliki pengertian yang lebih luas daripada manajemen sekolah. Karena manajemen pendidikan tidak hanya mengatur sesuatu yang menyangkut pendidikan formal berupa sekolah, madrasah, perguruan tinggi dan pendidikan formal lainnya. Akan tetapi manajemen pendidikan juga terkait dengan pendidikan luar sekolah atau pendidikan nonformal.

Adapun ruang lingkup dari manajemen pendidikan secara lebih rinci adalah sebagai berikut:

1. Manajemen kurikulum

Menurut Suharsimi Arikunto, manajemen kurikulum adalah penerapan jenis kegiatan dan fungsi manajemen (pelaksanaan dan penilaian) dalam kurikulum.

2. Manajemen peserta didik

Manajemen peserta didik keberadaannya sangat dibutuhkan pada sebuah lembaga pendidikan. Peserta didik merupakan subjek sekaligus objek dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dan keterampilan. Manajemen peserta didik bertujuan untuk mengatur berbagai kegiatan kesiswaan agar pembelajaran dapat berjalan dengan tertib lancar dan teratur.

3. Manajemen tenaga kependidikan

Manajemen tenaga kependidikan meliputi semua proses atau cara untuk memperoleh pegawai, penempatan, penugasan, pemeliharaan, pembinaan, evaluasi serta pemutusan hubungan kerja terhadap tenaga kependidikan.

4. Manajemen fasilitas pendidikan

Dalam hal manajemen fasilitas pendidikan, di dalamnya termasuk sarana dan prasarana yang merupakan proses pendayagunaan semua komponen. Sarana dan prasarana yang ada di dalam sekolah digunakan untuk menunjang proses pendidikan, sehingga proses pendidikan dapat berlangsung dengan kondusif dan tercapainya tujuan dari pendidikan itu sendiri.

5. Manajemen pembiayaan pendidikan

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu manajemen pendidikan yang baik sangatlah dibutuhkan dalam dunia pendidikan itu sendiri.

Manajemen pembiayaan pendidikan adalah segenap kegiatan yang berkenaan dengan penataan sumber penggunaan dan pertanggungjawaban dana pendidikan di sekolah ataupun lembaga pendidikan lainnya. Kegiatan manajemen pembiayaan pendidikan meliputi tiga hal yaitu penyusunan anggaran, pembukuan, dan pemeriksaan.