Aktifitas pagi hari yang menyenangkan
Source Image: Adobe Stock

Rutinitas Pagi Hari Agar Bahagia Seharian, Yuk Praktekkan

ERUDISI.com – Rutinitas pagi hari agar bahagia seharian, kita perlu mengawali hari dengan penuh semangat. Banyak hal yang menyebabkan hari-hari kita bahagia dunia akhirat. Rahasianya hanyalah praktekkan tanpa tapi.

Rutinitas Pagi Hari agar Bahagia Seharian

Tahukah banyak sekali rutinitas pagi hari yang menjadi sebab kita berbahagia seharian. Tapi jarang dari kita melewati rutinitas ini karena sibuk dengan beban hidup yang begitu besar.

Meski banyak beban dalam hidup, jika kita melakukan rutinitas pagi hari dijamin kita akan tetap bahagia seharian:

1. Rutinitas Pagi agar Bahagia Seharian: Awali dengan Tahajjud

Bangunlah lebih awal daripada orang lain. Usahakan untuk shalat Sunnah tahajud terlebih dahulu dan memiliki waktu sejenak menikmati hari dengan penuh rasa syukur.

Bangun lebih awal kita bisa merencanakan apa yang akan kita lakukan hari ini, me time dan hal-hal ringan lainnya. Sebelum akhirnya kita dikejar dateline kerjaan, segudang tugas rumah dan beban hidup lainnya yang menjadi tanggung jawab kita.

2. Minumlah Segelas Air Putih

Percayalah dengan meminum segelas air putih dan menghirup segarnya udara pagi akan membuat tubuh kita menjadi rileks dan menenangkan. Setelah kita tidur semalaman tentu saja sudah kekurangan cairan dan dengan meminum segelas air putih akan mengembalikan kesegaran tubuh dan siap menyambut hari yang bisa menyebabkan bahagia seharian.

3. Jauhkan Handphone dan Bacalah Al-Qur'an

Percayalah rutinitas ini menjadi penyebab kita bahagia seharian. Membaca Alquran akan membuat hati kita menjadi tenang. Apalagi Alquran adalah obat bagi segala penyakit hati.

Targetkan bisa membaca Alquran minimal 1 juz setiap hari. Awali dengan pagi hari beberapa lembar.

Sebaliknya jika kita mulai hari dengan melihat handphone akan mengacaukan hari. Karena terlalu sibuk scrolling akhirnya kita terburu-buru mengawali hari yang lebih padat.

Waktu jeda antara pagi hari dan waktu produktif kerja itu sangat singkat jadi gunakan dengan maksimal.

4. Awali dengan Sarapan Sehat

Tubuh butuh asupan makan yang ringan di pagi hari. Jangan bebani tubuh dengan makanan yang berat karena akan menyusahkan tubuh kita.
Awali dengan sarapan sehat yang ringan tapi berkalsium tinggi, kaya serat dan rendah kalori.

Pilihlah sarapan sehat seperti buah-buahan, kurma, oatmeal, roti gandum, alpukat dan makanan sehat lainnya.

5. Awali dengan Menulis Jurnal Hari Ibu

Tahukah rutinitas pagi yang diawali dengan menulis rencana kegiatan hari ini akan lebih membuat kita akan bahagia seharian lho. Mulailah dengan menulis jurnal hari ini.
Bisa menggunakan handphone atau menulis di buku jurnal.

Tulislah apa yang jadi rencana kita hari ini. Mulailah dari list prioritas apa yang kita targetkan selesai terlebih dahulu hingga list receh lainnya.

Percayalah hal ini akan membuat kita lebih terarah, lebih tenang, tidak terburu-buru dan akhirnya menjadi penyebab kita bahagia sepanjang hari dari pagi hingga tidur kembali.

Nah, itulah beberapa rutinitas pagi yang bisa kita lakukan agar bahagia seharian. Semoga menginspirasi kita untuk terus bersemangat dan bersyukur sepanjang hari.

Kesimpulan

Pola pikir kita sebagai muslim tentu saja berorientasi akhirat. Apapun yang kita lakukan selalu berakhir pada mendapatkan keridhaan Allah. Termasuk juga dalam bekerja, apapun profesinya kita ingin menjalaninya dengan penuh rasa bahagia dan bernilai ibadah.

Jadi rutinitas pagi yang menyenangkan akan membuat kita merasakan bahagia seharian. Yuk praktekkan dan rasakan manfaatnya.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

Mengenal 5 Ciri-ciri Love Bombing foto: (pexels)

Mengenal 5 Ciri-ciri Love Bombing

ERUDISI.com – Love bombing adalah salah satu sikap yang dimiliki oleh sebagian orang yang di …