Sebab-Sebab mandi wajib
Source image: Product Nation

Sebab-Sebab Kita Wajib Mandi Besar

ERUDISI.com – Sebab-sebab wajib . Mandi karena junub  merupakan keadaan yang menyebabkan orang harus mandi besar. Ada beberapa yang menyebabkan seseorang harus mandi junub.

1. Keluar air mani

Apa sih, air mani itu? Air mani adalah air kental berwarna putih, bau (seperti bau pandan) dan keluar dari kemaluan dengan memancar. Ini berlaku untuk laki-laki dan wanita.
Apabila keluarnya karena sakit demam atau semisalnya, maka tidak wajib mandi besar. Air mani diproduksi oleh tubuh ketika kita beranjak dewasa.

2. Sebab-Sebab Wajib Mandi Besar: Jima'

Jima' atu berhubungan badan antara laki-laki dan wanita maka mereka wajib mandi besar. Dengan tata cara yang sama dengan mandi besar lainnya.

3. Berhentinya darah haid dan nifas.

Darah haid adalah darah kebiasaan wanita yang keluar secara rutin berwarna merah kehitaman, berbau tidak sedap, keluar dari kemaluan wanita bukan karena sakit atau kecelakaan.

Adapun darah nifas adalah darah yang keluar dari kemaluan disebabkan hamil atau melahirkan. Tentu saja ini dikhususkan untuk wanita.

Sebab-Sebab mandi wajib
Source image: Product Nation

4. Meninggal

Jika salah satu keluarga atau saudara kita meninggal dunia, maka wajib dimandikan (mandi besar).

5. Masuk

Perlu kita ketahui apabila ada seorang yang baru masuk Islam, maka wajib baginya mandi besar. Kalau ada teman sobat yang baru masuk Islam, ajarkan mandi besar ya.

6. Mandi hari Jumat

Maksudnya apabila kita hendak shalat Jumat maka kita wajib mandi besar. Tapi perlu kita ingat mandi pada hari Jumat wajib walaupun tidak berhadats. Tapi sangat disarankan kita lakukan.

Dalil yang menunjukkan disyari'atkannya mandi Jum'at.

إِذَا جَاءَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ

“ Jika salah seorang di antara kalian menghadiri shalat Jum'at, maka hendaklah ia mandi. (HR. Bukhari no. 919 dan no. 845)

Itulah beberapa sebab-sebab seseorang wajib melakukan mandi besar. Semoga menjadi ilmu yang bisa kita amalkan.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Selalu temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.

Check Also

Lubang pada Manusia yang Dicintai Jin – Anda Punya?

Apa sajakah lubang pada manusia yang disukai jin ? tentunya Anda memilikinya, sebagai manusia cintaan …