Sejarah Kerajaan Kutai

Sejak dulu SD sampai SMA kita mungkin sudah sedikit banyak belajar tentang sejarah mulai dari kerajaan kutai hingga berakhirnya orde baru. Nah pada artikel ini saya akan menuliskan sedikit banyak yang saya ketahui tentang salah satu kerajaan hindu di Nusantara.

Kerajaan Kutai merupakan sebuah kerajaan Hindu tertua di Nusantara. Kerajaan ini berdiri pada tahun 400 masehi, terletak di tepi sungai mahakam kota Kalimantan Timur. Tidak ada bukti yang jelas tentang kerajaan ini dan nama Kutai merupakan sebuah nama daerah tempat ditemukannya prasasti peninggalan kerajaan tersebut.

Prasasti Yupa merupakan sebuah prasasti yang tertua dan terkenal diantara kita. Prasasti Yupa ditulis dengan huruf pallawa dan bahasa Sansekerta. Dalam prasasti tersebut dijelaskan bahwasannya kerajaan pertama yang berdiri di tanah air terletak di Kutai Kalimantan Timur.

Pendiri kerajaan Kutai adalah Kudungga. Raja kudungga memiliki seorang putra yang mahsyur yaitu adalah Aswawarman. Setelah raja Kudungga wafat kemudian anaknya Asmawarman naik tahta menggantikan ayahnya sebagai raja dengan gelar Wansekerta. Asmawarman memiliki tiga orang anak yang salah satunya adalah raja Mulawarman. Saat pemerintahan raja Mulawarman Kerajaan Kutai mencapai puncak kejayaan seperti yang dituliskan dalam Yupa.

✔ Populer :  Hayam Wuruk Raja Muda dari Nusantara

Yupa merupakan sebuah prasasti yang diberikan oleh para brahmana kepada raja Mulawarman atas sikap kedermawanannya yang telah memberikan 20.000 ekor sapi untuk para brahmana tersebut.

Raja terakhir dari kerajaan Kutai adalah Maharaja Dharma Setia dimana ia dikalahkan oleh Aji Pangeran Sinum Panji yang merupakan raja dari kerajaan Kutai Kartanegara.

VIAagitwardhana
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.