Dampak negatif kecanduan belanja karena boros
Source Image: justdial

Solusi Dari Penyakit Boros

ERUDISI.com – Solusi dari penyakit boros. Seperti kita ketahui boros adalah sifat yang tidak terpuji. Sikap menghambur-hamburkan uang melebihi keperluan ini bahkan disamakan dengan sifat setan.

Banyak hal yang membuat seseorang boros diantaranya tumbuh dalam keluarga hlamour dan suka boros, mendapatkan kelapangan hidup, pengaruh teman dan iklan  serta senang ketenaran dan kebanggaan.

Dampak negatif dari boros ini seperti penyakit pada tubuh, kerasnya hati, sombong bahkan merupakan temannya setan. Nah, juga penyakit boros ini mulai terlihat dari kita dan tengah menggerogoti kita maka berikut solusinya.

Solusi Penyakit Boros: Berilmu

Hal pertama yang patut jadi perhatian adalah ilmu. Termasuk dalam urusan harta. Berikanlah harta atau amanah kepada seseorang jika dia sudah tahu bagaimana mengelola harta dalam Islam. Cara ini akan membuatnya mengendalikan diri saat diamanahkan harta.

Belanjakan Harta Secara Tepat

Penting sekali seseorang untuk mengelola keuangan. Mereka tahu alur pemasukan dan pengeluaran sehingga bisa mengendalikan diri. Memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan.

Menahan Diri dari Keinginan Tidak Jelas

Percayalah bahwa dengan menahan diri, maka penyakit boros perlahan akan hilang. Bahkan dengan cara ini maka hati kita akan semakin lapang. Meskipun kita memiliki kecukupan, kita perlu menahan diri dari hal-hal yang tidak penting.

Mulailah belajar untuk mempertimbangkan keinginan yang kita punya. Apa maslahat dan mudharat ketika kita menginginkan sesuatu. Pertimbangkan sisi baik dan buruknya secara sadar bukan dengan pengaruh.

Saat keinginan itu datang, coba jauhkan diri dari hal tersebut dan mencari hal lain yang jauh lebih bermanfaat.

Sebaliknya jika kita dalam kondisi hidup pas-pasan bahkan cenderung kurang. Maka berfokuslah pada kebutuhan. Setiap melenceng ingat bahwa betapa bahayanya jika kita boros pada suatu hal yang tidak penting.

Tanamkan keyakinan pada jiwa bahwa  kekayaan hakiki adalah kekayaan hati

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah menasihatkan hal kepada Abu Dzar,

Sesungguhnya kekayaan itu adalah kekayaan hati dan kemiskinan itu adalah miskin hati.” Maknanya adalah, tidak mengambil harta dari semua arah dan membelanjakannya tanpa ukuran.

Rasulullah juga bersabda: “Barangsiapa yang belajar menahan diri maka Allah akan membuatnya bisa menahan diri, barangsiapa yang belajar untuk merasa cukup maka Allah akan membuatnya cukup serta barangsiapa yang belajar sabar maka Allah akan memberikan nya kesabaran.” (HR. al-Bukhari (1400), Muslim (1053)

Hadits ini sangat jelas memberikan motivasi untuk kita untuk terus memberikan amalan terbaik kepada Allah. Ingat apapun yang kita belanjakan semua akan diminta pertanggungjawabannya. Jadi insyaallah penyakit boros akan hilang dan lenyap. Biidznillah.

Lihatlah Kebawah Jangan Keatas

Percayalah makin kita lihat keatas maka kita tidak akan pernah bisa mencapainya. Tapi kita perlu menyeimbangkan dengan melihat kebawah. Jika penyakit ini datang segera lihat orang yang jauh lebih sulit dari kita. Kendalikan dengan cara tersebut.

Setiap ingin boros dan nafsu untuk memiliki sesuatu menggebu perbanyak istighfar dan lihat kondisi yang lebih memprihatinkan.

Itulah beberapa solusi penyakit boros yang bisa kita terapkan. Semoga Allah mudahkan.

Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi.[]

Check Also

Mengenal 5 Ciri-ciri Love Bombing foto: (pexels)

Mengenal 5 Ciri-ciri Love Bombing

ERUDISI.com – Love bombing adalah salah satu sikap yang dimiliki oleh sebagian orang yang di …