Solusi untuk Anak Malas Belajar

Senang rasanya ketika anak sudah mulai masuk ke sekolah dasar. Anak sudah punya banyak teman, anak akan segera belajar berhitung, menulis, dan membaca. Anak secara perlahan tahu banyak hal. Tapi rasa gembira itu bisa jadi hanya sebentar apabila dalam perjalanannya ternyata anak malas belajar. Bagaimana cara menghadapinya?

Sebelum masuk pada cara menghadapi anak malas belajar terlebih yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebabnya. Sebagai orang tua harus tahu apa saja yang menyebabkan anaknya menjadi malas belajar. Secara umum inilah penyebab anak malas belajar.

1. Permainan

Secara teori usia anak adalah usia bermain, jadi sangat wajar ketika anak lebih memilih bermain dari pada belajar. Jadi anda pasti sudah tahu bahwa penyebab anak anda malas belajar adalah karena terlalu banyak fasilitas bermain yang dimiliki. Anak harus menyelesaikan atau menggunakan semua fasilitas bermain nya sampai bosan baru mau berhenti.

2. Fasilitas Belajar

Selain karena faktor permainan, fasilitas belajar juga sangat berpengaruh. Fasilitas belajar anak haruslah menarik, karena ketika tidak menarik maka anda memang akan sangat kesusahan untuk membuatnya belajar. Kalau tidak menarik mungkin masih memungkinkan dibandingkan tidak ada sama sekali.

3. Waktu belajar

Sebagai orang tua yang bertanggung jawab penuh terhadap aktivitas belajar anak. Anda harus mampu mengatur waktu belajar yang tepat. Salah satu penyebab anak malas belajar adalah karena waktunya yang tidak tepat. Anak anda tidak akan atau sangat susah di suruh belajar pada waktu sore apabila semua teman-temannya sedang bermain.

4. Tempat belajar

Sebenarnya ini yang paling susah, karena anda harus memahami anak anda secara psikologis. Jadi anda harus melakukan beberapa eksperimen untuk menemukan tempat yang cocok untuk anak anda belajar. Agak bingung yah, jadi begini. Apabila anda menyuruh anak anda belajar di kamar dan hanya duduk berdua dengan anda tanpa ada suara lain seperti televisi, radio, atau keluarga lagi mengobrol dan anak anda terlihat tidak betah belajar maka tempat tersebut tidak cocok.

Setelah melihat semua penyebab anak malas belajar di atas secara umum. Kita dengan mudah menemukan solusi untuk anak yang malas belajar. Inilah solusi yang kami tawarkan.

1. Ubah fasilitas permainan menjadi fasilitas belajar. Sebagaimana kami sampaikan di atas bahwa usia anak adalah usia bermain. Buat sensasi belajar menjadi menarik melalui konsep bermain. Anda bisa menghemat karena hanya membeli fasilitas belajar dan bermain sekaligus.

2. Atur waktu bermain dan tanamkan disiplin belajar. Ala bisa karena biasa adalah pepatah yang paling tepat untuk anak usia sekolah dasar. Membiasakannya belajar pada waktu-waktu tertentu akan membuatnya betah belajar dan tahu kapan harus belajar.

3. Sesuaikan tempat belajar senyaman mungkin. Buat anak betah dengan tempat belajar yang dia inginkan. Apabila ingin anaknya belajar betah anda harus tahu dimana dia akan betah belajar. Ada anak yang betah belajar di tempat sunyi, ada juga yang ingin belajar dengan suasana ramai. Kondisikan hal tersebut.

Demikianlah pembahasan kami tentang solusi untuk anak yang malas belajar. Semoga membantu para ibu-ibu muda yang masih menyesuaikan diri dengan suasana anak yang memasuki usia sekolah dasar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here