Strategi Memulai Blogging dengan Blogger

Startegi Memulai Blogging Dengan Blogger – Untuk memulai sesuatu itu memang di butuhkan sebuah rencana termasuk itu menjadi seorang blogger, strategi memulai blogging dengan blogger  memang sangat penting namun masih banyak blogger yang tidak terarah dan tidak konsisten karena tidak mempunyai strategi dan rencana dari awal. Artikel ini sangat cocok sekali untuk anda pemula yang ingin menjadi seorang blogger dan menekuninya.

Membangun sebuah blog secara mandiri sama halnya dengan seorang arsitek yang ingin membuat rumahnya sendiri, maka dari itu ada beberapa langkah-langkah penting sebelum memulai blogging yang wajib anda ketahui,plajari dan di persiapkan.

  • Tujuan.
  • Tampilan / Template.
  • Niche.
  • Konten.
  • Optimasi.
  • Promisi.
  • Komited.

1. Tujuan?
Tujuan kamu menjadi seorang blogger ? Masih banyak orang yang tidak mempunyai tujuan menjadi seorang blogger. Saat sekarang ini masih banyak yang namanya blogger ikut-ikutan, bahkan masih ada blogger yang tukang copas (copy paste) itu sangat tidak baik.

Tujuan yang salah berikutnya adalah menjadikan komitmen utama untuk mencari uang itu salah besar untuk seorang pemula karena hanya akan menimbulkan ambisi yang berlebihan sementara pengetahuan dan kemampuan belum memiliki, kecuali jika kamu benar-benar sudah memiliki banyak ilmu dalam dunia blogging dan internet kamu bisa mengklaim blog sebagai sumber penghasilan.

Tanamkanlah dalam diri kamu bahwa tujuan kamu menjadi seorang blogger adalah untuk berbagi pengetahuan,informasi kepada publik. Satu poin penting jika memang kamu seorang yang mempunyai latar belakang hobby menulis itu akan sangat sejalan dengan tujuan menjadi seorang blogger, tetapi jika itu bukan hobby kamu dan kamu nekat untuk menjadi seorang blogger perlahan jadikanlah menulis itu sabagai hobby.

2. Template.
Memilih template? Setiap orang mempunyai selera yang berbeda beda, jadi pilihlah template sesuai selera kamu. yang perlu di perhatikan dalam pemilihan template jangan terlalu mengepentingkan kemauan kamu saja, Pentingkan juga kenyamanan dan kemudahan pembaca.

Buatlah pembaca merasa nyaman dengan template yang kamu gunakan, tidak usah terlalu banyak pernak-pernik animasi-animasi kurangi pemakaian widget cukup yang simple saja dan nyaman di pandang.

3. Niche / ktegori.
Memilih niche? Tentukan dari awal topik apa yang akan kamu garap pada blog kamu. Sangat banyak sekali topik-topik yang ada, sebagian blog banyak juga yang menggarap lebih dari satu topik, itu tidak jadi masalah asal sanggup mengerjakannya.

Tapi akan lebih bagus jika kamu memilh niche khusus cukup satu topik saja karena itu akan membuat kamu fokus, untuk tips singkat memilih niche kamu bisa mengkombinasikan hobby atau hal yang dominan tehadap kamu, misal kamu mempunyai hobby makan-makan, 😀 mungkin kamu bisa menggarap niche kuliner setiap apa yang kamu makan itu bisa menjadi bahan tulisan pada blog kamu.

4. Konten.
Membuat Konten blog, buatlah konten yang original asli hasil karya kamu, bukan menjadi blogger ikut-ikutan. NO copas! Buatlah tulisan yang rapi mempunyai paragraf yang jelas tidak membuat bingung pembaca.

Dalam penulisan usahakan lebih dari 300 kata, karena tulisan yang mempunyai 700-1000 kata akan lebih gampang dalam optimasi karena mesin pencari akan menganggap tulisan kamu penting. Sertakan gambar sebagai pelengkap agar menarik para pembaca.

Dalam memilih gambar gunakan gambar yang tidak memiliki copyright/hak cipta atau kamu membuat nya sendiri. Untuk cara mencari gambar yang tidak memiliki copyright kamu bisa baca di sini.

Cara Mendapatkan Gambar Bebas Copyright dari Google

5. Optimasi / SEO.
Optimasi blog, optimasi mesin pencari atau SEO bisa kamu pelajar perlahan-lahan karena bagi saya SEO ini wajib di pelajari, awal mula saya belajar ngeblog saya tidak terlalu menganggap penting tentang SEO padahal saya tau apa fungsi tujuan daripada seo.

Seiring berjalannya waktu saya baru bertanya kenapa pengunjung blog saya sangat minim, saya coba cari informasi rata-rata semua menjelaskan tentang optimasi SEO disitulah yang membuat saya untuk mempelajarinya.

SEO adalah suatu teknik pengoptimasian blog atau pun konten pada mesin pencari utamanya itu google, jika kamu ingin mempelajari SEO silahkan kamu membaca panduan webmaster pada google.

6. Promosi.
Promosi, promosi kan blog kamu kepada teman-teman lainnya agar blog kamu lebih terkenal. Kamu bisa menggunakan sosial media untuk berbagi tulisan-tulisan kamu atau gabung ke forum-forum, blog walking ke blog-blog dan selalu santun dalam berkomentar.

Promosi ini juga akan meningkatkan pengunjung blog kamu dan kamu pun akan merasa bangga bahwa tulisan kamu sudah banyak di baca oleh orang dan semoga bermanfaat bagi mereka.

7. Komitmen.
Komitmen, Hal ini yang sangat penting Konsisten dalam membangun blog khusus nya yaitu konsisten dalam penulisan, update terus postingan kamu agar para pengunjung tidak bosan dan selalu mendapatkan yang baru.

Lakukan posting secara konsisten salalu isi blog kamu dengan informasi bermanfaat dan menarik, jangan lupa juga untuk aktif dalam komentar agar pengunjung tidak bosan.

Itulah basic strategi memulai blogging dengan blogger semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here