Suka Minum Teh? Inilah Efek Samping Konsumsi Teh Berlebih

Minum teh adalah aktifitas rutin sebagian besar masyarakat Indonesia saat sedang santai. Biasanya orang-orang minum teh di pagi hari sembari membaca koran dan ditemani camilan, sungguh menyenangkan.

Namun harus Anda ingat, minum teh berlebihan juga memiliki efek samping. Bahkan kesehatan terancam saat berlebihan mengkonsumsi teh.

Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan akibat terlalu banyak minum teh:

Sembelit

Ngeteh saat pagi hari dapat membantu melancarkan pencernaan kita, namun jika terlalu banyak  konsumsi teh justru akan membuat kita merasakan sembelit. Hal ini dikarenakan zat teofilis dalam teh bisa menyebabkan efek dehidrasi sehingga berdamak pada usus dan menimbulkan sembelit.

Diuretik

Jika Anda mengkonsumsi teh dalam batas yang wajar, tidak akan menyebabkan diuretik. Namun bila dikonsumsi berlebih maka akan menimbukan efek diuretik. Saat minum obat disarankan untuk tidak minum teh yang terlalu panas, karena teh yang terlalu panas dapat menganggu efek obat yang Anda konsumsi.

Sakit kepala

Minum teh dapat membuat kita menjadi tenang, tapi tidak jika  konsumsinya secara berlebih. Minum teh terlalu banyak dapat menyebabkan sakit kepala, sulit konsentrasi dan merasa lelah.

Mengalami masalah pada jantung

Untuk Anda yang memiliki riwayat sakit jantung sebaiknya hindari teh hitam. Perlu diketahui teh hitam mengandung kafein, jika dikonsumsi berlebih maka kafein itu tidak akan mendukung kesehatan sistem kardiovaskular.

Fluorosis

Terdapat kandungan fluoride di dalam teh, jika mengkonsumsi teh terlalu banyak maka akan membuat tubuh Anda rentan terhadap toksisitas fluoride yang akan menyebabkan fluoris pada tulang. Fluorosis terjadi karena di dalam tulang terdapat kadar fluoride yang berlebih.

BAGIKAN