Syarat Guru Naik Pangkat Otomatis 2015

Pada kabar PTK 2015 ini dikejutkan dengan kabar kenaikan pangkat secara otomatis, yang beredar sangat ramai akhir-akhir ini kiranya bukan main-main. Hanya saja yang jadi pertanyaan kenaikan pangkat PNS otomatis jika sudah 4 tahun ini apa hanya berlaku bagi PNS Jabatan Struktural, ini yang belum terjawab dengan rapi, mestinya jika bahasa PNS ini tentu merujuk pada PNS dari golongan fungsional maupun struktural.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) sebagai badan pemerintah Indonesia yang menaungi semua pegawai negeri mengubah mekanisme proses kenaikan pangkat pegawai negeri sipil (PNS). BKN menerapkan sistem kenaikan pangkat secara otomatis setiap 4 tahun tanpa harus melalui mekanisme pengusulan dan mengumpulkan berkas seperti selama ini sebagai syarat guru naik pangkat.

Melihat prosedur yang bakal dilakukan BKN atau Badan Kepegawaian Negara yang kami lansir dari situs independen ternyata kenaikan pangkat PNS secara otomatis ini juga berlaku bagi jabatan PNS Fungsional, apa Guru sebagai pejabat fungsional juga termasuk akan  mendapat kenaikan pangkat secara otomatis?

Tentu saja, namun ada beberapa prosedur yang harus diikuti para guru sebelum kenaikan pangkat secara otomatis. Guru PNS tetap harus mengumpulkan angka kredit untuk bisa naik pangkat. Karena angka kredit sangat penting untuk menilai kinerjaa guru.

Jika memang guru PNS ingin kenaikan pangkat secara otomatis, BKN juga berpesan kepada guru PNS agar meningkatkan kompetensinya dan mengumpulkan angka kredit kenaikan pangkat. Namun nantinya, BKN akan memberikan tenggat waktu untuk guru PNS mengumpulkan kredit dengan ikut diklat, seminar dan lain sebagainya. Bima juga saat ini masih terus berkoordinasi dengan Kementerian Pendidikan dalam menentukan pola baru kenaikan pangkat guru.

Dengan demikian, Setidaknya PNS bersangkutan bisa segera memproses pemberkasannya agar saat jatuh tempo, baik naik pangkat maupun pensiun sudah bisa menerima haknya. Mereka yang naik pangkat bisa menerima pendapatan sesuai kepangkatannya, dan yang pensiun langsung bisa menerima uang pensiunnya tepat hari jatuh temponya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here