4 Teknik Ampuh Mengerjakan Soal Test CPNS 2018 Menggunakan CAT

Hal utama yang perlu Anda perhatikan ketika ujian CPNS adalah Jangan jadikan lulus PASSING GRADE (PG) sebagai patokan karena ketika Anda lulus PG, hal juga akan diranking untuk masuk ke SKB.

Hanya ada 3x formasi yang akan masuk ke SKB, jika jumlah formasi hanya 5 berarti bisa dipastikan hanya 3 x 5 = 15 orang saja yang akan masuk ke test berikutnya. Jadi, kalau nilai yang Anda dapatkan minim, maka kecil kemungkinan untuk masuk ke test SKB.

Nah, dibawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda ingat-ingat saat ujian nanti

1. Pilih Soal CPNS yang Termudah Lalu Tersulit

Anda hanya diberikan waktu hanya sekitar 90 menit untuk menyelesaikan 100 soal Test Karakteristik Pribadi (TKP). Jadi, kerjakan yang menurut Anda paling mudah dahulu.

Soal TKP ini usahakan pilih yang paling sesuai dengan jawabannya, disini Anda dituntut untuk mengisi jawaban terbaik yaitu jawaban yang tidak boleh melanggar hukum dan HAM agar mendapatkan nilai tinggi dengan nilai minimal 143.

Perlu diingat, disemua soal TKP memiliki nilai 1-5, Jadi meski Anda mengisi asal saja tetap akan mendapatkan nilai. Gunakan LOGIKA Anda dan bukan mengandalkan PERASAAN saat mengerjakan soal.

Hal yang penting lainnya adalah jangan terlalu lama Anda mengerjakan soal TKP ini karena kita juga akan mengerjakan soal TWK dan TIU. Misalnya Anda mengerjakan 35 soal dalam waktu 19 menit, ini artinya masih dikatakan lambat karena kita masih ada waktu 71 menit untuk mengerjakan 65 soal lainnya. Maka carilah soal yang termudah lalu baru yang tersulit.

2. Dahulukan Soal TWK

Dimulai mengerjakan soal TWK lebih dulu karena soal TWK hanya berdasarkan ilmu pasti tanpa ada hitung-hitungan. Untuk TWK Passing Gradenya 70 dan untuk TIU diatasnya sedikit yaitu 80.  Jika Anda menjawab 1 soal dengan benar maka akan mendapat nilai 5. Namun jika salah tidak akan mengurangi nilai yang ada.

3. Dahulukan Bahasa Indonesia di Soal TIU

Saat mengerjakan soal TIU usahakan dan utamakan mengerjakan soal Bahasa Indonesia seperti misalnya soal Sinonim, Pandanan kata (Anologi), Antonim, Silogisme dll agar mempercepat waktu.

Untuk soal matematika, dimulai dari soal bercerita dan pastikan soalnya Anda baca terlebih dahulu guna memudahkan untuk jawabannya nanti. Selanjutnya Anda baru kerjakan soal numeric dan disusul dengan soal deret aritmatika.

4. Catat Soal CPNS yang Sulit Dikerjakan

Jika ada soal yang belum bisa Anda kerjakan, silahkan Anda pilih saja salah satu yang paling benar dan jangan lupa Anda catat soal CPNS yang tidak bisa dikerjakan tadi dikertas kosong supaya ketika kita masih ada waktu, kita masih bisa mengerjakannya tanpa harus mencari-cari nomor urut soal lagi.

Ingat …….!!!! Test CAT bukan hanya berdasarkan kecerdasan saja, namun juga Anda dituntut untuk cerdas dalam strategi manajemen waktu. Lakukan banyak latihan agar nantinya Anda tidak Shock melihat soal-soal yang ada.

Sumber : Facebook