Teori Perkembangan Moral

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, moral memiliki arti ajaran tentang baik dan buruk yang diterima umum mengenai perbuatan sikap kewajiban akhlak dan budi pekerti. Makna moral hampir sama dengan etika yang memiliki arti adat kebiasaan. Yang membedakan moral dan etika adalah asal bahasanya, jika etika berasal dari bahasa Yunani, sedangkan moral berasal dari bahasa Latin.

Arti moral dengan arti etika memiliki pengertian yang sama yaitu norma-norma yang menjadi pegangan seseorang atau suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya.
Pada prinsipnya moral itu merupakan penuntun, pedoman sekaligus alat kontrol yang paling ampuh dalam mengarahkan kehidupan manusia.

Suara manusia yang tidak memfungsikan¬†dengan sempurna moral yang telah ada dalam diri manusia yang tepatnya berada dalam hati, maka manusia tersebut akan menjadi manusia yang akan selalu melakukan perbuatan atau tindakan yang sesat, dengan demikian manusia tersebut telah merendahkan martabat sendiri.” (Fathullah:2007)

Dari pemaparan di atas kita mengambil ambil pelajaran bahwa moral adalah sebuah norma atau tata aturan yang berlaku dan mengatur perbuatan individu dalam suatu kelompok. Moral juga termasuk etika dasar yang mengatur dan mengarahkan suatu individu serta membatasi tingkah laku individu agar berlaku sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma yang berlaku dalam suatu kelompok.

Etika atau moral adalah aturan dalam bermasyarakat yang bisa berbeda-beda karena etika atau moral dikembangkan oleh nalar pikir manusia yang bersifat falsafi, keagamaan dan juga adat yang berlaku di masyarakat setempat.