Tindakan Pencegahan untuk Hidup Sehat

Biasanya kita hanya datang ke dokter ketika jatuh sakit. Namun, sebenarnya adalah hal yang sangat baik, mendatangi dokter justru pada saat sedang sehat. Tujuannya untuk

Gee John

hidup sehat dan bugar

Biasanya kita hanya datang ke dokter ketika jatuh sakit. Namun, sebenarnya adalah hal yang sangat baik, mendatangi dokter justru pada saat sedang . Tujuannya untuk mendapatkan saran terbaik tentang program tindakan pencegahan dalam rangka menjaga kondisi tubuh tetap sehat.

Bukankah mencegah selalu lebih dari mengobati?

Bagaimana dokter dapat membantu saya tetap hidup sehat?

Selain memberi pengobatan dan perawatan di saat Anda sedang sakit, seorang dokter juga dapat membantu memberikan advice (program) untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat. Program pencegahan ini memberi Anda saran terbaik tentang tindakan-tindakan preventif khusus demi kesehatan Anda tergantung misalnya dari umur, riwayat medis dan riwayat keluarga Anda.

Apa saja yang mungkin disarankan dokter?

Saran tindakan pencegahan itu bisa berupa tes (pemeriksaan) atau bisa juga berupa saran bagaimana menjaga kondisi kesehatan Anda secara khusus, yang dapat meliputi:

  • Pemeriksaan umum kondisi kesehatan (general check-up), untuk memeriksa kondisi tubuh secara umum maupun kondisi kesehatan beberapa bagian tubuh tertentu.
  • Pemeriksaan atau pengukuran berat badan dan tekanan darah secara rutin.
  • Saran mengenai diet, olahraga, konsumsi rokok, minuman beralkohol dan obat-obatan terlarang, penanganan stres dan antisipasi terjadinya kecelakaan.
  • Imunisasi untuk anak-anak atau pun orang dewasa.
  • Tes atau pemeriksaan khusus pada waktu-waktu tertentu, seperti misalnya pada saat kehamilan atau menjelang usia lima puluhan.

Apakah dokter dapat memberikan saran tentang tindakan pencegahan yang saya butuhkan?

Ya benar. Ikuti advice dokter Anda tentang general check-up, tentang gaya hidup sehat, atau tentang penggunaan obat-obatan untuk pencegahan penyakit tertentu, seperti misalnya obat untuk mengontrol tekanan darah dan sebagainya. Konsultasikan tindakan pencegahan apa saja yang Anda butuhkan kepada dokter Anda.

Pencegahan apa yang dibutuhkan oleh wanita?

Wanita dewasa harus diperiksa berat badan dan tekanan darahnya secara berkala. Mereka juga perlu melakukan tes pap smears paling tidak 3 tahun sekali untuk pemeriksaan kanker serviks sejak berusia 21 tahun, atau kurang lebih 3 tahun paling lama sejak pertama kali melakukan hubungan seksual. Wanita berusia 65 tahun lebih pemeriksaan osteoporosis, atau kurang dari 65 tahun untuk mereka yang memiliki resiko lebih tinggi menurut dokter.

Antara usia 50 – 74 tahun, wanita perlu melakukan pemeriksaan mammogram setiap 2 tahun sekali untuk pemeriksaan resiko kanker payudara. Wanita yang memiliki resiko kanker lebih tinggi, seperti riwayat keluarga, perlu pemeriksaan lebih sering atau lebih awal.

Pencegahan apa yang dibutuhkan oleh pria?

Pria perlu memeriksa berat badan dan tekanan darahnya secara teratur. Pria usia 35 tahun ke atas, memerlukan juga pemeriksaan terhadap kadar kolesterol secara berkala. Sejak usia 50 tahun dan berlanjut sampai usia 75 tahun, pria perlu pemeriksaan kanker usus. Pada kondisi tertentu, pemeriksaan ini dilanjutkan sampai mencapai usia 85 tahun. Yang perlu diingat, ketika dokter menyarankan hal ini, bukan berarti Anda mengidap kanker, ini hanya sebuah pemeriksaan rutin sebagai upaya pencegahan.

Dokter juga mungkin menyarankan Anda mengenai pentingnya diet dan olahraga, menghindari rokok, minuman beralkohol, obat-obatan terlarang dan penyakit menular seksual. Dokter juga mungkin akan memberikan saran terbaik untuk tindakan pencegahan kecelakaan, seperti penggunaan sabuk pengaman dan sebagainya.

Pencegahan apa yang dibutuhkan oleh anak-anak?

Pemberian imunisasi adalah yang terpenting dari semuanya. Imunisasi akan melindungi anak-anak dari penyakit-penyakit tertentu seperti polio, campak dan banyak lagi.

Dokter akan memeriksa untuk memastikan anak Anda mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang semestinya. Dokter juga akan menyarankan praktek terbaik untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut anak Anda. Dokter juga mungkin memberi nasihat cara melindungi anak dari kecelakaan seperti penggunaan kursi khusus untuk bayi dan anak-anak ketika melakukan perjalanan, menghindarkan barang-barang berbahaya dari jangkauan anak-anak dan bahaya sengatan listrik.

Dokter akan juga memberi saran cara mengajar anak Anda tentang kebiasaan makanan sehat dan olahraga. Begitu juga dengan cara memberi pengertian kepada anak Anda tentang bahaya penggunaan obat terlarang, alkohol dan rokok. Anda juga dapat menanyakan kepada dokter, bagaimana cara menjelaskan kepada anak-anak tentang bahaya pergaulan seks bebas dan bahaya penyakit menulis seksual, dan sebagainya.

Apa yang dapat saya lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat?

Semuanya adalah masalah pilihan. Pilihan pola hidup apa yang Anda ambil untuk menjaga kondisi tubuh tubuh tetap sehat. Dan inilah beberapa pilihan yang dapat banyak membantu Anda untuk hidup tetap sehat sepanjang masa:

  • Jangan merokok
  • Makan diet sehat sesuai kebutuhan
  • Olahraga teratur
  • Jangan mengkonsumsi obat-obatan terlarang
  • Hindari alkohol, tidak sama sekali jauh lebih baik
  • Lakukan seks sehat
  • Gunakan sabuk pengaman / helm ketika berkendara
  • Periksakan diri ke dokter secara teratur

Tags

Related Post