Tips Aman Menghindari Kriminalitas Saat Berwisata

Berwisata dengan aman dan nyaman, tentu harapan kita semua. Namun saat berwisata, terkadang bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mulai dari pencopetan, pemalakan dan beragam kejadian kriminal lainnya yang sebenarnya bisa kita minimalisir.

Berikut hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menghindari tindak kriminal saat berwisata:

1. Tetaplah berkelompok dan jangan menyendiri

Para pelaku kejahatan menyerang orang-orang yang menyendiri dan jauh dari kelompoknya. Ketika saya berwisata ke Jakarta saya melihat ada teman saya yang dipojokkan oleh seorang pengasong gadungan. Pada saat itu kami mendatangi pengasong tersebut jumlah kami ada lima belas orang dan apa yang terjadi? Pengasong tersebut tidak jadi melakukan kejahatannya karena kalah jumlah.

Kita bisa mengambil pelajaran dari kejadian ini bahwa dalam berwisata lebih baik anda tetap berkumpul dalam satu kelompok dan jangan berpisah karena resiko terjadi kriminalitas akan jauh lebih tinggi, jika anda berjalan terpisah dari kelompok anda.

2. Hindari pengamen pengasong/gadungan

Di mana pun kita berwisata, terutama saat kita main ke Jogja kita akan menikmati banyak sekali pengamen-pengamen yang menyuguhkan karyanya dengan bernyanyi. Dengan suara merdu dan petikan gitarnya, mereka bisa memberikan hiburan yang mengasyikkan, namun di balik seniman asli ternyata ada pengamen ataupun pengasong gadungan.

Sebaiknya untuk menghindari mereka jika memang tidak memiliki uang kecil atau dalam posisi yang tidak menguntungkan. Carilah keramaian, hindari tempat-tempat sepi, karena biasanya oknum pengamen dan pengasong menghindari keramaian dan mencari mangsa yang berada di tempat relatif sepi.

Jangan biarkan mereka bernyanyi meskipun 1 menit karena hal itu akan menjadikan alasan mereka untuk memaksa anda memberikan uang. Jika anda melihat waria yang bernyanyi, hati-hati jangan anda goda mereka atau pun anda biarkan mereka bernyanyi, karena bisa saja mereka berubah menjadi laki-laki dan memaksa anda untuk memberikan uang.

Jadi tetaplah berkumpul dalam kelompok dan jangan sekali-kali memisahkan diri terutama jika anda berwisata di malam hari. Kita tidak bisa menduga siapa dan di mana akan terjadi kejahatan.

3. Jangan biarkan pengamen atau pengasong naik ke dalam bus wisata anda

Kita tidak bisa membedakan yang mana pengamen asli dan yang mana pengamen gadungan, kita juga tidak bisa membedakan pengasong yang asli dan pengasong gadungan. Oleh sebab itu ketika kita berwisata di mana pun, sebaiknya kita tidak mempersilakan siapapun orang asing masuk ke dalam bus / kendaraan wisata kita. Semua ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misal kehilangan barang atau kejadian yang lainnya.

Demikianlah tiga hal yang harus kita perhatikan saat kita berwisata.