Hal yang perlu diketahui tentang berkebun bagi pemula
Source Image: DiedovStock - stock.adobe.com)

Tips Berkebun Sederhana bagi Pemula

ERUDISI.com- sederhana bagi pemula.  adalah hal yang patut dijadikan pertimbangan untuk mengisi waktu. Tapi jangan dimulai tanpa ilmu agar tidak terjadi kekacauan memulainya.

Berikut tips dan trik terbaru dari Paul James, pembawa acara Gardening by the Yard yang bisa jadi referensi memulai berkebun:

1. Cara Hilangkan Endapan Garam

Untuk menghilangkan endapan garam yang terbentuk pada pot tanah liat, campurkan cuka putih, alkohol gosok, dan air dengan perbandingan yang sama di dalam botol semprot. Oleskan campuran ke pot dan gosok dengan sikat plastik. Biarkan pot mengering sebelum kita menanam apa pun di dalamnya.

2. Cara Cegah Penumpukan Kotoran

Untuk mencegah penumpukan kotoran di bawah kuku kita saat  berkebun, tarik kuku kita di atas sebatang sabun dan hal ini akan secara efektif menutup bagian bawah kuku  sehingga kotoran tidak dapat terkumpul di bawahnya.

Kemudian, setelah kita selesai berkebun, gunakan sikat kuku untuk menghilangkan sabun dan kuku. Hasilnya kuku akan bersih berkilau.

3. Membuat Alat Pengukur Jarak Tanam

Ubah alat bergagang panjang menjadi tongkat pengukur! Letakkan alat berkebun bergagang panjang di atas tanah, dan di sebelahnya letakkan pita pengukur. Dengan menggunakan spidol permanen, tulis tanda inci dan kaki pada gagangnya.
Saat kita perlu menempatkan pada jarak tertentu (dari hanya satu inci hingga beberapa kaki), kita sudah memiliki alat pengukur di tangan.

4. Tandai Tanaman dengan Spidol

 Untuk membuat penanda alami yang sempurna, tuliskan nama tanaman (menggunakan spidol permanen) pada permukaan datar batu dengan berbagai ukuran dan letakkan di atau dekat pangkal tanaman.

5. Tips Berkebun Sederhana: Cara atas kutu daun

Kutu daun dapat mengendalikannya dengan semburan air yang kuat dari selang atau dengan sabun insektisida. Tapi ini saran lain, yang jauh lebih menyenangkan. Bungkus selotip lebar di sekitar tangan, sisi lengket keluar, dan tepuk daun tanaman yang terserang kutu daun.

Berkonsentrasilah pada bagian bawah daun, karena di situlah pengacau kecil suka bersembunyi.

6. Gunakan sisa air rebusan dan kukusan

Lain kali jika merebus atau mengukus sayuran, jangan menuangkan air ke saluran pembuangan, gunakan untuk menyirami tanaman teras dalam pot, dan kita akan takjub melihat bagaimana tanaman merespons “sup sayuran”.

7.  Gunakan bubuk teh dan kopi sisa

Hal ini untuk mengasamkan tanah tanaman yang menyukai asam seperti azalea, rhododendron, camelia, gardenia, dan bahkan blueberry. Percikan ringan sekitar seperempat inci yang diterapkan sebulan sekali akan menjaga pH tanah di sisi asam.

8. Gunakan teh kamomil Mengendalikan Jamur

Gunakan teh kamomil untuk mengendalikan jamur rebah yang sering menyerang bibit muda secara tiba-tiba. Cukup tambahkan setitik teh ke tanah di sekitar pangkal bibit seminggu sekali atau gunakan sebagai semprotan daun.

Itulah tips berkebun sederhana bagi pemula. Semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca artikel kami. Temukan jawaban dan inspirasi setiap hari bersama Erudisi. []